4 Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciater Subang

Image
cs sundaexplorer
Wisata | Monday, 05 Sep 2022, 15:41 WIB

Pemandian air panas Ciater atau disebut juga Sari Ater Subang ini dapat menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk berlibur dan sebagai tempat untuk merelaksasikan diri. Pemandian air panas Ciater ini merupakan yang terbesar di Jawa Barat.

Lokasinya berada di Subang, Jawa Barat dan menjadi tempat wisata yang terkenal karena air hangatnya dan menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa penat dan stres dari hiruk pikuk kota atau kegiatan sehari-hari. Air hangat yang dihasilkan diketahui berasal dari proses air tanah yang keluar dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geothermal. Air panas yang keluar suhunya berada di atas 37 °C seperti suhu normal pada tubuh.

Pengunjung yang datang berkunjung ke tempat ini tentu mengincar untuk berendam air hangat di kolam air panasnya. Air panas Ciater di tempat ini dipercaya mampu menghilangkan rasa stress, mengeluarkan toksin dalam tubuh, memperlancar peredaran atau sirkulasi darah dan dapat mengendurkan otot-otot tubuh serta meringankan penyakit tulang. Pemandian air panas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit hingga penyakit rematik.

Berikut ini akan diberikan penjelasan lebih lengkap mengenai tempat wisata pemandian air panas di Ciater ini yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber.

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini tepatnya berlokasi di Jalan Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Wilayah Ciater sendiri merupakan perbatasan antara Subang dan Bandung.

Jika pengunjung berangkat dari kota Subang, jaraknya hanya sekitar 30 km dan perjalanan yang ditempuh memerlukan waktu selama kurang lebih 40 menit. Sementara jika pengunjung berangkat dari kota Bandung, jaraknya sekitar 32 km dan perjalanan yang ditempuh memerlukan waktu sekitar 45 menit, hanya sedikit lebih jauh dari Subang.

Untuk menuju ke pemandian air panas Ciater ini akan ada banyak petunjuk jalan yang telah tersedia bagi para wisatawan yang hendak berkunjung. Selain itu, tempatnya juga tidak sulit untuk ditemukan. Apabila kamu sudah berada di area wisata Tangkuban Perahu, maka selanjutnya kamu hanya tinggal jarak sekitar 7 km dengan waktu sekitar 15 menit untuk menuju Ciater.

Apabila kamu datang menggunakan transportasi umum dari jarak yang jauh, maka keberangkatan bisa dimulai dari Terminal Bus Ledeng. Setelah itu naik transportasi umum dengan rute Ledeng-Lembang. Setelah sampai di Lembang lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum rute Ledeng-Subang. Kemudian turun di Jalan Cagak, Desa Ciater. Kamu bisa bertanya detail arahnya kepada warga setempat atau mengikuti petunjuk jalan dan menggunakan Google Maps.

Harga Tiket Masuk dan Jam OperasionalUntuk harga tiket masuknya sendiri para pengunjung tidak perlu khawatir karena harganya masih terjangkau di kantong dan tidak terlalu mahal. Biaya yang dibayarkan sesuai dengan fasilitas dan suasana tempat wisata yang ditawarkan oleh Pemandian Air Panas Ciater ini.

Harga tiket masuk untuk masing-masing kolam di pemandian ini beragam tergantung jenis kolam. Untuk tiket masuk kolam pemandian Rp60.000 di hari biasa dan Rp70.000 di hari libur. Sementara untuk harga tiket masuk Kolam Kiara/Mayangsari Rp50.000 dan Kolam Nangka/Kolam Kunang-Kunang Rp75.000. Namun perlu dicatat bahwa harga sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan tempat wisata.

Sementara untuk harga tiket masuk taman rekreasi hari weekday dan weekend Rp35.000. Harga tiket masuk park Weekday Rp40.000 dan Weekend Rp45.000.

Sedangkan jam operasional pemandian di Ciater rata-rata buka dari pagi hingga malam hari dan buka setiap hari untuk pengunjung. Untuk hari Senin sampai Jumat buka mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai 04.00 – 24.00 WIB.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Ciater

Setiap tempat wisata tentunya memiliki fasilitas yang ditawarkan untuk para pengunjungnya. Tempat wisata di Ciater ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti pemandian air panas, Mushola sebagai tempat ibadah yang nyaman dan bersih, berbagai restoran tempat makan, Bungalow sebagai penginapan yang dapat disewa bagi yang ingin menginap, Spa & Resource bagi pengunjung yang ingin merelaksasikan diri, area outbond dan wahana bermain.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Ciater

Sebagai salah satu objek wisata, tempat ini menawarkan daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung. Tentu yang pertama kali akan didengar dari tempat ini adalah mandi air panas. Namun masih ada beberapa daya tarik lain yang ditawarkan, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Berendam dan Mandi Air PanasBerendam dan mandi air panas memang menjadi tujuan utama bagi para pengunjung yang mendatangi tempat pemandian air panas Ciater ini. Air panas yang masih hangat membuat tubuh akan terasa lebih rileks. Sumber mata air panasnya bera beberapa jenis kolam yang tersedia untuk berendam atau mandi.

Ada sebuah tips berendam yang baik bagi para pengunjung yakni berendamlah sekitar menit, terutama jika berendam di tempat yang mengandung belerang. Mengapa tidak diperbolehkan terlalu lama? Karena agar tubuh tidak mengalami mual dan pusing.

Selain kolam air panas yang umum, terdapat juga kolam pribadi. Namun, untuk berendam di kolam privat tersebut pengunjung harus membayar tiket masuk lagi.

2. BerenangTerdapat juga kolam renang yang bisa digunakan untuk berenang baik yang diperuntukkan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tersedia juga seluncuran yang ada di area kolam renang. Seluncurannya aman karena tidak terlalu tinggi sehingga cocok sebagai wahana bermain anak sambil berenang. Pengunjung yang ingin berenang harus membeli tiket masuk untuk ke kolam renang.

3. Berkunjung ke Curug JodoKawasan pemandian Ciater ini juga terdapat Curug Jodo Atau air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan airnya yang juga panas. Karena air terjunnya panas, pengunjung tidak diperbolehkan untuk mendekati curug tersebut. Maka dari itu curug tersebut diberikan pagar pembatas. Pengunjung hanya diperbolehkan untuk menikmati air di kolam yang ada di bawah curug.

4. Wahana BermainSelain untuk berendam, mandi dan berenang, tempat ini juga menyediakan tempat bermain anak seperti trampolin. Anak bisa terhibur dan tidak bosan. Ada juga kereta mini yang berada tidak jauh dari area trampolin.

Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki wahana perahu bebek untuk mengelilingi kolam khusus yang terdapat patung di tengahnya. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menembak di area tembak. Permainan menembak ini aman karena pelurunya adalah peluru mainan. Pengunjung bisa membidik target dari meja bidik yang sudah tersedia. Atau bis ajuga bermain panahan dengan memanah di area yang tersedia.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pemandian air panas Ciater di Subang yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan destinasi untuk berlibur. Tentu sebelum berkunjung kamu ingin mengetahui apa saja yang ada di sana dan bagaimana gambaran tempatnya bukan? Semoga tulisan tentang pemandian air panas Ciater ini dapat bermanfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image