Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image cs sundaexplorer

4 Wisata Air Panas di Bogor

Wisata | Monday, 05 Sep 2022, 17:02 WIB

Ada empat wisata air panas di Bogor yang patut Anda kunjungi. Di akhir pekan tempat – tempat wisata di Bogor ini kerap di datangi terutama oleh warga Jakarta.

Selain berbiaya murah dan menyegarkan berendam di air panas adalah sebuah terapi alami yang sangat ampuh mengembalikan kesegaran tubuh dan memperlancar sirkulasi darah.

Setelah bekerja keras mencari nafkah, maka akhir pekan adalah saat yang tepat untuk mendapatkan kembali kebugaran badan melalui mandi air panas. Berikut ulasan empat tempat wisata air panas di Bogor.

1. Pemandian Air Panas Ciseeng

Obyek wisata ini terdapat di Kecamatan Parung, kurang lebih berjarak 26 km dari Bogor serta dapat dicapai oleh semua jenis kendaraan. Obyek wisata ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 45 menit dengan rute Bogor – Parung – Ciseeng.

Harga Tiket masuk dewasa Rp. 12.0000,- sedangkan anak-anak Rp. 8.000,-

Ketika sampai di dalam Tirta Sanita Ciseeng, anda akan akan menyaksikan pemandangan bukit batu seperti gunung salju karena puncaknya tertutup endapan kapur yang berwarna putih sehingga menyerupai salju.

Yang mengeluarkan air panas dengan kadar belerang, yodium dan kapur yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan tulang.

Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi semakin mulus setelah berendam.

Ada beberapa tempat pemandian air panas ciseeng, pemandian khusus anak-anak dikenakan Rp 10.000/orang. Pemandian Bougenville Rp 7.000/orang untuk kolam rendam dan Rp 10.000/kamar rendam

Tirta Sanita Ciseeng tidak hanya menawarkan wisata pemandian air panas saja. Di sana juga area outbound, permainan anak-anak, becak mini, perahu, dan berbagai macam terapi seperti terapi bekam, lintah, ikan.

Di pemandian air panas ciseeng ini terdapat fasilitas antara lain hotel, rumah makan, kios cinderamata, kamar mandi air panas, fasilitas outbound, dan panggung pertunjukan.

Alamat :

Taman Wisata Tirta Sanita

Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng – Parung Telp/Fax. /

2. Air Panas Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Pancar terletak pada ketinggian m dpl dengan topografi landai sampai bergelombang terjal dengan kemiringan sekitar 15-40%. Bagian tertinggi yaitu pada puncak Gunung Pancar 800 m dpl dan Pasir Astana 700 m dpl.

Sumber air panas Gunung Pancar merupakan salah satu kekayaan sumber air panas yang dimiliki Kabupaten Bogor.

Obyek wisata ini terletak di Kp. Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang. Lokasi ini dapat dicapai dengan rute Cibinong – Sentul – Babakan Madang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pintu tol Sentul.

Sebagaimana obyek wisata pemandian air panas di Bogor lainnya, pengunjung disamping menimati keindahan alam juga dapat mencoba terapi air panas sebagai pengobatan terutama pengobatan penyakit kulit.

Obyek wisata air panas Gunung Pancar ini memiliki keunikan karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi sehingga cukup efektif bagi terapi pengobatan penyakit kulit.

Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah kolam rendam, baik itu kolam rendam umum maupun kolam rendam pribadi.

Untuk sampai ke lokasi ada 2 alternatif jalur yang dapat dilalui yaitu pertama, lewat pintu tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah dengan waktu tempuh selama setengah jam.

Dan yang kedua, melalui kota Bogor, melewati Bogor Baru, lalu sampai di Desa Karang Tengah. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1 jam.

Tiket Masuk untuk dewasa adalah Rp. 20.000,- sedangkan untuk anak-anak Rp. 10.000,-

Untuk anda yang ingin menginap tersedia akomodasi dengan menyewa kamar di Giritirta Hot Spring Report & Spa.

Tersedia pilihan, baik kamar mapun villa. Tarifnya bervariasi, mulai dari Rp 700.000,- sampai Rp 2.000.000,-/malam. Giritirta juga menyediakan perawatan kebugaran dan kecantikan sampai berendam di kolam terbuka, namun VIP, tarifnya Rp 50.000,-/jam.

Setelah puas berendam, Anda bisa membasuh tubuh dengan air pancuran yang dingin. Semuanya bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Objek Wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor.

3. Kawah Ratu

Kawah Ratu terletak pada ketinggian 1.338 m dpl dengan suhu 10 s.d. 20 derajat celcius dan memiliki luas + 30 ha. Kawah ratu memiliki daya tarik yang unik, antara lain aktivitas geologinya yang terjadi sepanjang hari, kepundan yang selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh. Sebagai akibat semburan uap air panas, di kawasan ini sering dikelilingi oleh kabut.

Kawasan Kawah Ratu berada di lereng Gunung Salak, Jawa Barat. Daerah ini dapat dicapai melalui jalur Cidahu Kabupaten SukabumI, Gunung Bunder, dan Gunung Salak Endah Bogor.

Ada tiga jalur yang biasa digunakan menuju Kawah Ratu. Jalur pertama adalah melalui Wana Wisata Cangkuang yang berada wilayah Cidahu, Cicurug.

Untuk sampai di Cangkuang, kita bisa menyewa kendaraan umum atau bila menggunakan kendaraan sendiri itu lebih baik. Jalur kedua, dimulai dari Pasir Reungit yang bisa dijangkau dari pertigaan Cibatok, Leuwiliang.

Jalur ketiga adalah yang melintasi area perkemahan di Curug Seribu. Untuk ke Pasir Reungit atau ke jalur yang ada di dekat Curug Seribu, banyak angkutan umum di pertigaan Cibatok yang bisa disewa untuk mengantarkan sampai di titik awal tersebut.

Dari ketiga jalur pendakian itu, jalur dari Pasir Reungit dan Curug Seribu jarak tempuhnya ke Kawah Ratu yang lebih dekat.

Selain itu, banyak anak sungai yang akan dijumpai selama perjalanan. Ini sangat menyenangkan apalagi jika Anda suka bermain air. Dari dua pilihan itu, jalur yang dari Pasir Reungit relatif lebih mudah dibandingkan rute yang berawal dari area perkemahan Curug Seribu.

Namun bila Anda lebih suka trek yang menantang, jalur yang dari Curug Seribu yang cocok dipilih. Perjalanan melalui rute ini akan melewati medan berlumpur yang pasti akan menjadikan sepatu dan kaos kaki serta kaki basah kecuali menggunakan sepatu boot. Itu pun bukan hanya sekali.

Selain itu, kita akan melintasi hutan pandan berduri. Bila kita hanya menggunakan sandal gunung, hati-hati saja karena bisa jadi akan tertusuk duri pandan yang bertebaran.

Duri pandan tersebut ada yang masih menempel di pohonnya atau berserakan di jalan setelah dipanen penduduk untuk membuat topi atau tikar pandan. Bila aroma belerang sudah makin menguat, itu pertanda Kawah Ratu sudah dekat.

Ada sebuah sungai yang membelah area Kawah Ratu. Airnya jernih. Banyak pengunjung mandi di sungai ini. Di tempat-tempat tertentu di dalam dan pinggir sungai terdapat lapisan belerang.

Sebagian pengunjung mengumpulkan belerang tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol air mineral buat dibawa pulang.

Beberapa di antaranya malah mengolesi wajah dengan belerang tersebut. Katanya, belerang bisa menyembuhkan penyakit kulit. Di lokasi ke arah hulu sungai, airnya terasa hangat tetapi aroma belerang semakin tajam.

Dianjurkan tidak mandi di bagian sungai tersebut karena berbahaya. Kita bisa terpapar gas beracun. Itulah aktivitas yang biasanya dilakukan para pengunjung Kawah Ratu.

Untuk pulangnya, kita bisa melanjutkan perjalanan ke arah Wana Wisata Cangkuang, Cidahu, atau kembali ke asal kita berangkat yaitu di Pasir Reungit atau area perkemahan Curug Seribu.

4. Air Panas Gunung Salak Endah

Terletak di Kp. Ciparay Kawasan Gunung Salak Endah Kec. Pamijahan Kabupaten Bogor terdapat sumber mata air panas dengan fasilitas seperti kolam rendam, kamar pemandian, musholla dll. Tiket masuk terbilang murah hanya Rp. 4.000,-/orang.

Pemandian air panas dan pemandangan sekitar yang menangkan pikiran, Gunung Salak Endah menawarkan kepada Anda keduanya.

Gunung Salak Sendiri berada disebelah Barat Kota Bogor dengan jarak kurang lebih sekitar 40 Km dari pusat kota Bogor. Sedangkan lokasi Pemandian Air Panas Ciparay terletak di di Desa Ciparay , sekitar 5 Km dari pintu gerbang kawasan wisata Gunung Salak Endah.

Untuk menuju Pemandian air panas Ciparay Anda akan melewati sekitar 400 anak tangga dengan suguhan pemandangan yang asri disepanjang jalan, pepohonan rimbun dan aneka ragam tumbuhan hijau siap menyegarkan pikiran.

Yang lebih spesial lagi di Anda bisa menemukan 4 curug (air terjun) , dengan berbagai keunikan dan variasi tingginya. Yaitu Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Seribu dan Curug Cigamea.

Itulah informasi mengenai 4 Wisata Air Panas Di Bogor yang sudah admin himpun dari berbagai sumber.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image