Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Liva Fatrianda

Pentingnya Analisis Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Eduaksi | Friday, 02 Sep 2022, 20:02 WIB

Analisis laporan keuangan adalah pekerjaan yang membutuhkan gabungan dari keterampilan teknis, sistematis, dan pemecahan masalah tingkat tinggi. Maka dari itu seorang akuntan yang mampu memberikan analisis laporan keuangan yang rinci dan berkualitas haruslah dijadikan sebagai aset yang berharga bagi suatu perusahaan karena dapat membawa manfaat, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang, untuk operasional sebuah perusahaan.

Definisi dari analisis laporan keuangan adalah proses mengevaluasi hubungan antara bagian-bagian komponen laporan keuangan yang mencakup neraca, laporan laba dan rugi, laporan arus kas, dan berbagai catatan tambahan lainnya agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang situasi keuangan sebuah instansi atau perusahaaan.

Analisis laporan keuangan internal sebuah perusahaan biasanya dilakukan oleh karyawan, eksekutif, lembaga pemerintah, atau individu lain yang memiliki akses ke bagian akuntansi internal perusahaan. Sedangkan, analisis laporan keuangan eksternal dilakukan oleh pihak independen seperti akuntan publik untuk dipublikasikan kepada investor, kreditur, pemerintah, lembaga keuangan, otoritas perpajakan, atau pihak eksternal lain yang membutuhkan laporan keuangan tersebut.

Tujuan dari analisi laporan keuangan

Tujuan utama dari analisis laporan keuangan adalah untuk memahami dan memeriksa informasi yang terkandung dalam laporan keuangan, dengan tujuan untuk menilai penghasilan dan kesehatan keuangan serta membuat perkiraan tentang prospek masa depan perusahaan. tujuan analisis keuangan tergantung pada siapa pihak yang tertarik serta apa kepentingannya. Berikut beberapa tujuan lainya dalam melakukan analisis laporan keuangan.

Memperhitungkan prospek masa depan berdasarkan hasil tinjauan kinerja perusahaan yang terdahulu seperti profitabilitas, arus kas, laba atas investasi, biaya operasional, dan lainya.Mengukur profitabilitas saat ini dan efisiensi operasional perusahaan sehingga kesehatan keuangan bisa ditentukan.Menperhitungkan prospek pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan guna membantu pengelola tertinggi untuk memprediksi dan menghindari kemungkinan terjadinya kebangkrutan.

Manfaat dari analisis laporan keuangan

Analisis laporan keuangan sangatlah penting, tidak hanya untuk mematuhi peraturan perundang-undangan bisnis saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang berkepentingan. Karenanya, untuk mengerjakan analisis laporan keuangan secara tepat dibutuhkan keterampilan, insting, dan praktik akuntansi yang baik.

Beberapa manfaat utama analisis laporan keuangan pada perusahaan yaitu :

Membantu pihak internal dan eksternal untuk membuat keputusan yang tepat mengenai investasi berdasarkan pendapatan perusahaan dan profitabilitas di masa depan.Memberikan pandangan yang faktual tentang solvabilitas dan kesehatan keuangan perusahaan bagi lembaga keuangan untuk menentukan keputusan pinjaman.Untuk menjadi gambaran secara akurat mengenai efisiensi operasional dan kemajuan yang dihasilkan perusahaan berdasarkan keputusan yang dibuat di masa lalu oleh para pemangku kepentingan.

Dalam membuat analisis laporan keuangan yang rapi, terperinci, dan sistematis merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui dan menilai kinerja perusahaan selama ini, berguna untuk dijadikan sebagai dasar acuan untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil oleh perusahaan di kemudian hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image