Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Ihsan

175 Mahasiswa UGM Ikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022

Eduaksi | Friday, 26 Aug 2022, 17:50 WIB

Sebanyak 175 mahasiswa UGM dinyatakan lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2022. Sebanyak 133 dinyatakan lolos program IISMA Sarjana dan 42 Program IISMA Vokasi (IISMAVO).

Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed.,Sp.OG(K)., Ph.D., memberikan apresiasi atas keberhasilan para mahasiswa UGM. Menurutnya, IISMA dan IISMAVO memberikan kesempatan yang luar biasa dan menjadikan pendidikan sesuai dengan talenta dan minat yang tentunya tidak hanya melihat masa lalu tetapi juga masa depan.

“Para mahasiswa tentu tidak hanya melihat ke dalam juga keluar. Dengan adanya program ini menjadi kesempatan membuka diri agar cara pandangnya lebih siap lagi untuk memperjuangkan semua yang dicita-citakan di negara ini yaitu untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya," ujar Rektor, Kamis (25/8) secara daring saat pembekalan dan melepas keberangkatan para mahasiswa UGM studi ke luar negeri.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha, dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo, M.M., mengungkapkan melalui program IISMA dan IISMAVO ini, Kemendikbudristek membuka kesempatan bagi mahasiswa mengambil mata kuliah yang dapat disetarakan dengan mata kuliah di luar mata kuliah kompetensi prodinya. Dengan program beasiswa ini mahasiswa difasilitasi untuk meraih capaian pembelajaran sesuai minat dan bakatnya sehingga setelah lulus dapat bersaing tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat global.

Dalam program ini, para mahasiswa dapat menempuh pembelajaran di perguruan tinggi di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek selama 1 semester atau 6 bulan yang disetarakan hingga 20 SKS. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah untuk pengembangan diri yang diminati dan sesuai persyaratan.

“Alhamdullilah pada tahun ini penerima beasiswa IISMA sebanyak 1.155 mahasiswa dimana 133 mahasiswa UGM berhasil lolos dan IISMAVO sebanyak 400 dari seluruh Indonesia dengan mahasiswa UGM sejumlah 42 mahasiswa," katanya.

Kepala Program IISMA Sarjana, Dr. Rachmat Sriwijaya, menambahkan melihat statistik tahun 2021 maka total jumlah pendaftar sebanyak 2.551 yang diterima 1.000 dan yang berangkat 955. Dari jumlah 955 tersebut, UGM berhasil meloloskan 96 dan UI 81 awardee.

“Pada tahun 2022 ini jumlah pendaftar yang memenuhi persyaratan 7.501, lolos seleksi 1.150 dan UGM berhasil meloloskan 133 awardee dari 548 pelamar dari. Dari data ini memperlihatkan tingkat persaingan dari tahun ke tahun terus meningkat," ujarnya.

Kepala Program IISMA Vokasi, Dr. Hilda Cahyani, menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Sekolah Vokasi mengikuti IISMA. Sebelum IISMAVO, katanya, untuk Sekolah Vokasi dikenal program Indonesian International Vocational Student Mobility Awards dan kemudian memiliki nama baru IISMA edisi Vokasi atau disingkat IISMAVO.

“Selamat untuk 133 mahasiswa UGM yang lolos program IISMA Sarjana dan 42 Program IISMA Vokasi. 42 IISMA Vokasi kali ini yang terbanyak dari seluruh PT-PT di Indonesia," ungkapnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image