Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Qur'an

Tips Membuat Power Point Keren untuk Menambah Nilai

Eduaksi | Monday, 08 Nov 2021, 15:21 WIB

Presentasi merupakan tugas yang biasa diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Tugas ini lumrah diberikan agar membiasakan mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Dalam menampilkan slide umumnya menggunakan perangkat lunak bernama PowerPoint, perangkat lunak ini sangat membantu dalam menyampaikan ide dan gagasan secara menarik dan efektif.

Kali ini admin akan membagikan tips dan trik dalam membuat powerpoint yang menarik, dan tentunya nilai kamu akan meningkat apabila Dosen menyukai presentasimu. Berikut uraiannya :

1. Rule 5/5/5

Yang paling pertama dalam menyiapkan slide presentasi adalah mengingat aturan 5/5/5 yang merujuk pada isi materi. Jadi maksudnya adalah dalam satu slide presentasi tidak boleh lebih dari 5 kalimat, dan dalam 1 kalimat tidak boleh ada lebih dari 5 kata, dan tidak boleh ada kalimat padat secara berurutan. Dengan mengikuti aturan ini slide kamu akan terlihat efisien, tidak terlalu banyak tulisan dan secara tampilan pun terlihat ringkas.

2. Penyesuaian Warna

Pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dalam membuat slide presentasi, pemilihan warna yang tidak sesuai akan mengakibatkan isi slide tidak terbaca atau bahkan tidak terlihat. Gunakanlah teks warna gelap untuk background terang dan sebaliknya, gunakan warna terang untuk teks dengan background gelap.

3. Gunakan Animasi Secukupnya

Gunakanlah animasi secukupnya, animasi memang membuat slide presentasi kita makin menarik. Tetapi apabila menggunakan terlalu banyak animasi akan mengganggu fokus para audience terhadap materi yang disampaikan.

4. Maksimalkan Gambar

Salah satu kelebihan dalam powerpoint adalah kita bisa menggunakan gambar sebagai metode penguat materi. Dengan adanya gambar materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dibayangkan oleh audience.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image