Tips Membuat Power Point Keren untuk Menambah Nilai

Image
Institut Daarul Qur'an
Eduaksi | Monday, 08 Nov 2021, 15:21 WIB

Presentasi merupakan tugas yang biasa diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Tugas ini lumrah diberikan agar membiasakan mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Dalam menampilkan slide umumnya menggunakan perangkat lunak bernama PowerPoint, perangkat lunak ini sangat membantu dalam menyampaikan ide dan gagasan secara menarik dan efektif.

Kali ini admin akan membagikan tips dan trik dalam membuat powerpoint yang menarik, dan tentunya nilai kamu akan meningkat apabila Dosen menyukai presentasimu. Berikut uraiannya :

1. Rule 5/5/5

Yang paling pertama dalam menyiapkan slide presentasi adalah mengingat aturan 5/5/5 yang merujuk pada isi materi. Jadi maksudnya adalah dalam satu slide presentasi tidak boleh lebih dari 5 kalimat, dan dalam 1 kalimat tidak boleh ada lebih dari 5 kata, dan tidak boleh ada kalimat padat secara berurutan. Dengan mengikuti aturan ini slide kamu akan terlihat efisien, tidak terlalu banyak tulisan dan secara tampilan pun terlihat ringkas.

2. Penyesuaian Warna

Pemilihan warna merupakan salah satu elemen penting dalam membuat slide presentasi, pemilihan warna yang tidak sesuai akan mengakibatkan isi slide tidak terbaca atau bahkan tidak terlihat. Gunakanlah teks warna gelap untuk background terang dan sebaliknya, gunakan warna terang untuk teks dengan background gelap.

3. Gunakan Animasi Secukupnya

Gunakanlah animasi secukupnya, animasi memang membuat slide presentasi kita makin menarik. Tetapi apabila menggunakan terlalu banyak animasi akan mengganggu fokus para audience terhadap materi yang disampaikan.

4. Maksimalkan Gambar

Salah satu kelebihan dalam powerpoint adalah kita bisa menggunakan gambar sebagai metode penguat materi. Dengan adanya gambar materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dibayangkan oleh audience.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image