Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Majene

Jurit Malam dan Pembaretan CPNS, Ini Harapan Karutan Majene

Info Terkini | Sunday, 29 May 2022, 22:20 WIB

RutaNe_Info - Sebanyak 13 Calon Pegawai Negeri Sipil Tunas Muda Pengayoman Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Majene telah melaksanakan masa orientasi dan pembinaan jasmani selama 2 bulan penuh.

Selama 2 bulan lamanya, CPNS tersebut dididik dan dilatih oleh para mentor yang berasal dari senior dan pejabat untuk menjadi petugas yang memiliki fisik dan mental yang kuat. Selain itu, mereka juga dilatih peraturan baris berbaris (PBB) guna untuk menguatkan kedisiplinan dan skill mereka.

Kepala Rutan Majene (Mansur) sangat meyakini bahwa dengan adanya kegiatan orientasi bagi Tunas Pengayoman tersebut para CPNS akan memiliki integritas dan komitmen yang tinggi serta dapat mewujudkan tata nilai PASTI yaitu menjadi insan yang Profesional, Akuntabel, Sinergi, dan Inofatif.

Kegiatan puncak orientasi CPNS Rutan Majene yaitu saat Acara Pembaretan dan Penutupan Masa Orientasi yang dilakukan dengan giat long march dan jurit malam yang dimulai Pukul 20.00 WITA (28/05) sampai pukul 08.00 WITA (29/05). Sebelum kegiatan dimulai CPNS dicek kesehatannya oleh petugas kesehatan Rutan Majene.

Pada malam hari pertama kegiatan, seluruh panitia, SPNS dan wali CPNS berkumpul di lapangan utama Rutan Majene untuk mendengar arahan dari Kepala Rutan.

Dihadapan para Wali CPNS tersebut, Karutan Majene (Mansur) mengungkapkan "Kegiatan ini bukan semata-mata seremonial belaka, ini merupakan tradisi yang kita maknai dengan latihan dan didikan dengan tujuan agar para Tunas Pengayoman ini semakin tangguh dalam mengemban tanggung jawab yang lebih besar kedepannya".

Setelah pengarahan maka jurit malam dibukan dengan pengguntingan pita oleh Kepala Rutan Majene, kemudian para CPNS tersebut mulai melakukan perjalanan menuju medan yang sangat menantang yang sebelumnya telah dilakukan pengecekan dan survey oleh para panitia.

Berbagai tantangan disepanjang jalan mereka lalui dengan baik, hingga halang rintang yang dibuat oleh para panitia pun mereka lalui.

Puncaknya, setelah melalui semua itu, peserta berkemah semalam diatas Gunung Mangge. Kemudian dilanjutkan lagi giat tes keberanian dan kekuatan ditengah malam hari hingga sampai fajar tiba semua CPNS melaksanakan shalat subuh berjamaah kemudian bongkar tenda dan bersih-bersiha lingkungan sebelum kembali ke halaman Rutan Majene untuk dilakukan pembaretan.

Setibanya di halaman Rutan Majene, ke-13 CPNS tersebut langsung mengikuti acara pembaretan yang dilakukan oleh Kepala Rutan Majene. Dihadirkan pula seluruh orang tua peserta kegiatan.

Kembali berikan arahan, Kepala Rutan Majene (Mansur) menuturkan "Dengan kehadiran para CPNS di keluarga besar Rutan Majene, semoga mereka menjadi Tunas Pengayoman dan menjadi motor perubahan yang dapat meningkatkan kinerja maupun nama baik Kemenkumham khsusnya Rutan Majene".

"Dari kegiatan ini juga, manfaat yang bisa kita ambil adalah dapat menumbuhkan rasa kebersamaan serta ikatan kekeluargaan dalam memelihara hubungan kerja antara para pegawai". Jelas Mansur.

Dihadapa para orang tua peserta, Kepala Rutan Majene (Mansur) kembali menegaskan "Menjadi seperti mereka sangatlah sulit, banyak anak para pejabat dan orang kaya yang ingin anaknya jadi seperti mereka namun tidak bisa, oleh karenanya ini adalah amanah yang diberikan kepada mereka, harus kita jaga dan kita laksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya".

Kegiatan berlangsung khidmat dan haru saat diakhir acara seluruh CPNS melakukan jabat tangan dengan para panitia dan sungkeman kepada orang tuanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image