Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Natanael Suharyanto

Pentingnya Investasi Bagi Gen Z

Bisnis | Monday, 27 May 2024, 16:10 WIB
sumber : jabarprov.go.id

Bagi sebagian besar Generasi Z atau biasa disebut Gen Z, investasi bukan lagi menjadi sesuatu yang asing. Secara sederhana, investasi dapat didefinisikan sebagai kegiatan mengalokasikan uang atau sumber daya lainnya ke dalam aset atau proyek dengan harapan memperoleh keuntungan atau peningkatan nilai di masa depan. Investasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, seperti saham, obligasi, reksa dana, properti, atau bahkan bisnis.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Gen Z dalam dunia keuangan adalah mereka seringkali kesulitan untuk menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran. Tak jarang mereka rela mengeluarkan sejumlah uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Di sisi lain, mereka juga harus dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan mereka untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, investasi sangat dibutuhkan untuk menunjang kestabilan keuangan di masa depan. Ada beberapa alasan yang membuat Gen Z harus mulai berinvestasi sedini mungkin.

  1. Sumber passive income : kita bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus bekerja secara aktif.
  2. Tambahan pendapatan : kita berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dari peningkatan aset yang diinvestasikan.
  3. Kestabilan ekonomi : investasi dapat membantu mencapai tujuan finansial jangka panjang, seperti membeli rumah atau memulai bisnis.

Semakin dini memulai berinvestasi, maka semakin baik. Memulai investasi dari aset dengan resiko yang rendah juga sangat disarankan untuk meminimalisir jika terjadi kerugian. Jadi tunggu apa lagi? Ayo mulai berinvestasi untuk masa depan yang labih baik!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image