Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realme dan OnePlus

Image
Nando Rifky
Teknologi | Tuesday, 28 Sep 2021, 10:07 WIB
Cara Menyembunyikan Aplikasi (Sumber: Techdaily.id)

Sebagian besar ponsel Android memiliki satu kesamaan. Ya, kita berbicara tentang aplikasi pra-instal yang dimuat di hampir setiap smartphone akhir-akhir ini. Meskipun beberapa di antaranya cukup berguna untuk penggunaan sehari-hari, ada beberapa aplikasi yang berguna bagi pengguna. Dan, bagian terburuknya adalah beberapa produsen tidak mengizinkan Anda menghapus aplikasi yang tidak diinginkan ini dari smartphoe Anda.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Nah, ada cara untuk menghapusnya dari layar beranda. Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan fitur bawaan di mana Anda dapat menyembunyikan aplikasi. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara menyembunyikan aplikasi. Jadi, inilah cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi Samsung, Vivo, OPPO, dan Realme.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Cara menyembunyikan aplikasi di smartphone Samsung sangat mudah. OneUI perusahaan memberi Anda opsi langsung di mana Anda dapat dengan mudah menyembunyikan aplikasi tanpa mengunduh aplikasi pihak ketiga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah ini:

1. Buka laci aplikasi pada ponsel cerdas Samsung Anda dan tiga titik di sudut kanan atas.
2. Di sana Anda akan melihat opsi Pengaturan Layar Beranda.
3. Sekarang, cari opsi 'Sembunyikan aplikasi' dari daftar.
4. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari daftar dan cukup klik tombol 'Terapkan'. Aplikasi akan disembunyikan dari layar utama.

Untuk membatalkan proses. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan cukup batalkan pilihan aplikasi dan tekan Terapkan untuk memperlihatkan aplikasi dari laci aplikasi Anda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo

Vivo FunTouch OS juga dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Namun, fitur yang akan kita bicarakan dalam artikel ini hanya berlaku untuk ponsel Vivo yang menjalankan FunTouch OS 9.0 dan versi yang lebih tinggi. Nah, berikut ini cara menyembunyikan aplikasi di HP Vivo:

1. Buka Menu Pengaturan di smartphone Vivo Anda dan masuk ke bagian Wajah dan Kata Sandi.
2.Klik Pengaturan privasi dan enkripsi aplikasi.
3. Anda akan menemukan Aplikasi Sembunyikan. Klik untuk menyalakannya.
4. Sekarang, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari ponsel cerdas Anda.
5. Setelah selesai, Klik Terapkan dan aplikasi Anda akan disembunyikan.

Menariknya, setelah aplikasi disembunyikan, itu akan ditutup sepenuhnya. Ini berarti bahwa itu tidak akan ditampilkan di layar Utama, antarmuka Aplikasi Terbaru, atau di daftar aplikasi. Anda juga tidak akan menerima pesan baru. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan cukup hapus aplikasi dari daftar dan aplikasi akan tersedia sekali lagi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Realme telah memperkenalkan fitur App Lock baru dengan Realme UI-nya, yang membantu Anda menyembunyikan aplikasi. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa fitur tersebut tersedia untuk semua smartphone Realme . Fitur App Lock tidak hanya mengatur kode sandi untuk aplikasi, tetapi juga menyembunyikannya untuk Anda. Inilah cara Anda dapat melakukannya.

1. Buka Pengaturan dan buka bagian Keamanan.
2. Cari Kunci Aplikasi. Anda akan diminta untuk membuat kode sandi untuk App Lock.
3. Setelah selesai, Anda dapat pergi ke Keamanan dan kemudian ke Enkripsi Aplikasi.
4. Masukkan kode sandi dan pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Kemudian Aktifkan Aktifkan Sembunyikan Ikon Layar Utama.
5. Anda kemudian perlu mengatur Nomor Akses untuk aplikasi yang seharusnya dan diakhiri dengan '#'. Setelah selesai, akan ada pesan “Hide Home Screen Icons, Don't Display in Recent Tasks & Don't Display Notifications.” Semua diaktifkan.

Dengan ini, aplikasi akan disembunyikan dari smartphone. Namun, Anda masih dapat mengaksesnya hanya dengan membuka papan tombol dan memasukkan nomor akses. Untuk menonaktifkan fitur ini cukup pilih “Pengaturan> Keamanan> Enkripsi aplikasi> Masukkan Kata Sandi Privasi> pilih aplikasi yang Anda sembunyikan> nonaktifkan Sembunyikan Ikon Layar Beranda.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Xiaomi juga memberikan opsi untuk menyembunyikan aplikasi di sistem operasi MIUI-nya. Fitur aplikasi tersembunyi tersedia di semua smartphone Redmi, Xiaomi, dan POCO. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi:

1. Buka Pengaturan dan buka Aplikasi.
2. Di Pengaturan Aplikasi Anda akan menemukan fitur Kunci Aplikasi. Ini akan meminta untuk mengatur layanan terlebih dahulu dan Anda perlu mengatur kode sandi untuk itu juga.
3. Setelah proses selesai, Anda akan memiliki dua bagian: Kunci Aplikasi dan Aplikasi Tersembunyi. Klik Aplikasi Tersembunyi dan Anda akan menemukan daftar aplikasi yang diinstal di ponsel Redmi Anda.
4. Cari aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dan cukup aktifkan opsi. Dengan ini, aplikasi Anda akan disembunyikan.

Anda dapat dengan mudah mengakses aplikasi tersembunyi hanya dengan menggunakan gerakan. Seseorang dapat menggesek dua jari di layar dan sebuah pesan akan muncul untuk memasukkan kode sandi. Setelah Anda memasukkannya, itu akan menunjukkan kepada Anda folder dengan aplikasi tersembunyi.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP OnePlus

Jika Anda menggunakan smartphone OnePlus, menyembunyikan aplikasi adalah hal yang mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah ini:

1. Dari Layar Beranda, geser ke atas untuk membuka laci Aplikasi.
2. Sekarang gerakkan jari dari kiri ke kanan untuk membuka laci aplikasi Ruang Tersembunyi.
3. Anda akan melihat tanda '+' di pojok kanan atas. Klik pada tanda dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.
4. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari laci aplikasi. Setelah selesai, cukup tekan kembali dan aplikasi Anda akan disembunyikan dari telepon.

Untuk memperlihatkan aplikasi, Anda mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas dan cukup tekan lama pada aplikasi di Ruang Tersembunyi dan kemudian pilih 'Tampilkan' dari daftar.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo

Proses menyembunyikan aplikasi di smartphone Oppo sangat mirip dengan yang ada pada ponsel Realme. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di HP Oppo semua tipe:

1. Buka Pengaturan dan buka Keamanan > Enkripsi Aplikasi.
2. Sekarang pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda.
3. Anda perlu membuat kode sandi untuk aplikasi. Siapkan kode sandi.
4. Sekarang aktifkan opsi Sembunyikan Ikon Layar Beranda dan kemudian Anda akan diminta untuk mengatur Nomor Akses. Nomor harus dimulai dan diakhiri dengan '#' dan harus memiliki satu hingga enam belas karakter.
5. Setelah Anda menetapkan nomor akses, klik 'Selesai'. Dengan ini, aplikasi akan disembunyikan dari ponsel cerdas Anda.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

Empat Guru MTsN 6 Bantul Peserta Terundang Bimtek Aplikasi Pembelajaran Online

Image

Mengenal Jenis Jenis Forklift Beserta Fungsinya

Image

Kajian dan Implementasi Akad Mudharabah dalam Hukum Ekonomi Syariah

Image

Pentingnya Bahasa Arab di Nusantara

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image