Sanitasi di Masyarakat

Image
Fathimah Zahro
Eduaksi | Wednesday, 25 May 2022, 20:52 WIB

Penulis:

Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum UNISSULA)

Fathimah Zahro (Mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia)

Sanitasi di Masyarakat

Kebersihan lingkungan menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di wilayah perkotaan yang bangunan menjamur di mana-mana. Wilayah perkotaan umumnya padat penduduk, banyak pabrik, serta polusi udara karena banyaknya kendaraan berasap dan kurangnya pepohonan. Namun, jika kita mengetahui cara menjaga kebersihan lingkungan tentunya hal tersebut dapat diminimalisasi. Salah satunya adalah dengan sanitasi. Apa sih sanitasi itu? Mari kita simak dengak saksama!

Secara umum sanitasi adalah sebuah bidang yang membahas fasilitas dan pelayanan untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan. Seperti halnya mencuci tangan dengan sabun, karena hal itu sebagai bagian dari higenitas.

Sanitasi menurut World Health Organization (WHO) adalah suatu usaha yang mengawasi beberapa faktor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia terutama terhadap hal-hal yang mempengaruhi efek, merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI), Sanitasi yaitu usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik dibidang ksehatan, terutama kesehatan masyarakat.

Praktik sanitasi di beberapa daerah di negara Indonesia masih sangat kurang memadai, terutama di kota-kota besar. Perkotaan umumnya menjadi pusat pelayanan pemerintahan, sehingga pertumbuhan penduduk di kota meninggi. Ketika kebutuhan yang ada sudah melebihi kapasitas suatu kota, maka dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Misalnya seperti fasilitas umum yang kurang memadai, kemacetan lalu lintas, banyak polusi, udara panas, kumuh, dan kebanjiran.

Di perkotaan banyak dijumpai praktik kebersihan yang masih buruk. Tentu saja hal itu menjadi keprihatinan kita semua. Lingkungan yang kotor tidak hanya dapat menyebabkan kebanjiran dan polusi, namun, juga mengancam kesehatan masyarakat, terutama anak-anak. Sebab itu, sanitasi sangat perlu untuk diperhatikan, dikembangkan dan diterapkan demi kebersihan dan kesehatan masyarakat.

Diambil dari edukasi.kompas.com, negara paling bersih di dunia yang dikeluarkan oleh World Population Review 2021, salah satunya adalah negara Denmark. Denmark memilki kebijakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim. Denmark juga menggunakan transportasi berupa sepeda untuk mendukung mobilitas harian warga.

Negara tebersih kedua yaitu Luksemburg. Negara ini terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, daan Prancis. Luksemburg mengadakan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota, dan pemberian hukuman bagi orang yang mengotori lingkungan.

Agama Islam sangat menekankan tentang pentingnya menjaga kebersihan. Sebelum beribadah harus bersuci dahulu, sebelum makan cuci tangan dahulu, dan orang yang berhadast junub harus mandi besar. Dalam surat Al-Baqarah ayat 222 Allah befirman:

إِنَّ ٱللَّهَ یُحِبُّ ٱلتَّوَّ بِینَ وَیُحِبُّ ٱلۡمُتَطَهِّرِین

Artinya: "Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri."

Adapun hadist dari baginda Nabi SAW dalam kitab Shohih Muslim

الطُّهُورُ شَطْرُ الإيمَان

Artinya: "Kesucian adalah setengah dari keimanan."

Sesuai dalil di atas, kebersihan adalah sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan. Hal itu sangat berkaitan dengan nilai Pancasila pada sila pertama. "Ketuhanan Yang Maha Esa". Dengan menjaga dan menghargai lingkungan yang diberikan Allah menjadikan kita sebagai hamba yang bertakwa. Bahkan hal tersebut juga bisa diniatkan sebagai cara membersihkan hati kita dan jangan lupa juga kita niatkan sebagai bentuk beribadah kepada Allah.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, mari kita menerapkan nilai-nilai Pancasila khususnya sila pertama. Jika kita mampu mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari maka kita akan mendapat keridhoan Allah, hidup dalam kenyamanan dan memberi manfaat kepada sesama.

Referensi

Artiningsih, dkk. (2018). Kajian Kinerja Layanan Sanitasi di Kota Semarang. Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 12(2), 69-78.

"Sanitasi - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas" https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sanitasi

"Kumpulan Pengertian: Pengertian Sanitasi Menurut Para Ahli" https://www.kumpulanpengertian.com/2018/08/pengertian-sanitasi-menurut-para-ahli.html?m=1

"10 Negara Paling Bersih di Dunia 2021, Seperti Ini Kualitasnya Halaman all - Kompas.com" https://edukasi.kompas.com/read/2021/08/03/160456871/10-negara-paling-bersih-di-dunia-2021-seperti-ini-kualitasnya?page=all#page2

"Khutbah Jumat: Menjaga Kebersihan | NU Online" https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-menjaga-kebersihan-4VZH5

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Sanitasi di Masyarakat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ijarah dalam fiqh muamalah kontemporer

Image

Pembinaan Fisik CPNS 2021 Lapas Muaradua Kemenkumham Sumsel Bersama Silat PSHT Ranting OKUS

Image

Guru Perlu Memahami Sejumlah Istilah pada Kurikulum Merdeka

Image

Kepercayaan Inggris Terhadap Indonesia, Bukti Pemerintah Kita Mampu Menjaga Hubungan

Image

Lapas Perempuan Palembang Ikuti Rapat Persiapan Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke - 77 Secara Hy

Image

5 Strategi Mahasiswa Kupu-Kupu saat Membuat CV agar Dilirik HRD

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image