Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image muhamad ahwas

Begini Pentingnya Sektor Pertanian Agar Tidak Bermasalah Ke Depan - Crowde Membangun Bangsa

Info Terkini | Wednesday, 25 May 2022, 18:21 WIB

Pertanian memainkan peran penting dalam seluruh kehidupan ekonomi sebuah negara. Bahkan pertanian dapat dikatakan sebagai tulang punggung sistem ekonomi negara. Hal ini dikarenakan selain menyediakan makanan dan bahan baku, sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja paling banyak di Indonesia. Untuk lebih memahami tentang pentingnya sektor pertanian, mari simak sedikit ulasan mengenai alasan pentingnya sektor pertanian ada di Indonesia berikut ini!

Sumber Mata Pencaharian

Sumber mata pencaharian utama banyak orang adalah pertanian. Sekitar 70% dari orang-orang secara langsung menggantungkan sumber pendapatannya pada sektor pertanian. Persentase yang tinggi ini adalah sebagai hasil karena tidak adanya pengembangan kegiatan non-pertanian yang mampu menyerap populasi di Indonesia yang terus tumbuh cepat.

Kontribusi Terhadap Pendapatan Nasional

Pertanian adalah sumber utama pendapatan nasional bagi sebagian besar negara berkembang. Salah satunya Indonesia.

Pasokan Makanan Manusia dan Hewan

Sektor pertanian menyediakan makanan pokok bagi manusia dan juga pakan untuk hewan peliharaan. Seperti, ternak sapi yang bisa menghasilkan susu untuk dimanfaatkan sebagai makanan pelindung. Selain itu, daging sapi juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan protein manusia.

Mendukung Perdagangan Internasional

Produk pertanian seperti gula, teh, beras, rempah-rempah, tembakau, kopi, dan sebagainya merupakan barang ekspor utama negara-negara yang mengandalkan pertanian. Jika ada praktik pembangunan pertanian yang lancar, maka proses impor dapat ditekan sementara proses ekspor dapat meningkat pesat. Ini membantu mengurangi neraca pembayaran negara yang tidak menguntungkan serta menghemat devisa.

Hasil Surplus yang Menguntungkan

Pertumbuhan sektor pertanian berkontribusi terhadap hasil surplus yang dapat menghasilkan keuntungan. Banyak negara maju yang terlibat dalam manufaktur, pertambangan, dan sektor non-pertanian lainnya, tapi tidak fokus mengembangkan sektor pertanian.

Sumber Bahan Baku

Sumber utama bahan baku untuk industri-industri besar seperti kapas dan kain goni, gula, tembakau, dan minyak nabati adalah pertanian. Selain itu, banyak industri lain seperti pengolahan buah-buahan serta sayuran dan sekam padi mendapatkan bahan baku mereka juga dari pertanian.

Sumber Artikel Lengkap Telah Tayang : https://blog.crowde.co/pentingnya-sektor-pertanian-part-1/

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image