Lailatul Qodar Malam Seribu Bulan Dan Tanda-Tandanya

Image
izzatun nafsiyyah
Agama | Friday, 22 Apr 2022, 22:38 WIB

Pada dasarnya seorang yang beriman semuanya menginginkan atau mendapatkan malam yang penuh keberkahan atau malam penuh kemulyaan yang didalamnya diturunkannya kitab suci al qur an yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan atau yang dikenal malam Lailatul qodar, Namun sayangnya malam Lailatul Qodar adalah malam yang dirahasiakan oleh Allah SWT.

Namun jangan kecil hati berikut ini tanda-tanda malam lailatul Qadar Tanda-tanda malam tersebut bisa dilihat dengan kasat mata. Pada malam Lailatul Qodar semua amal kebaikan pahalanya berlipat-lipat nilainya. Namun, tidak ada yang tahu kapan terjadinya malam tersebut.

Berikut ini tanda-tanda malam Lailatul Qodar yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Cahaya Mentari RedupAda hadits Nabi yang memberitahu ciri malam Qadar adalah apabila cahaya mentari lemah atau cerah tak bersinar kuat keesokannya.

Rasulullah bersabda:“Keesokan hari malam Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan ”(HR Muslim).

2. Terbawa MimpiIni seperti yang dialami oleh sebagian sahabat Rasulullah:Dari sahabat Ibnu Umar r.a., bahwa beberapa orang dari sahabat Nabi diperlihatkan malam Qadar dalam mimpi oleh Allah SWT pada tujuh malam terakhir Ramadhan

Kemudian Rasulullah saw bersabda:“Aku melihat bahwa mimpi kalian tentang lailatul Qadar terjadi pada tujuh malam terakhir. Maka barang siapa yang mau mencarinya maka carilah pada tujuh malam terakhir,” (HR Muslim).

3. Bulan terlihat separuh bulatTanda selanjutnya adalah ada yang menyebutkan pada malam Qadar, bulan terlihat separuh bulat, sebagaimana salah satu hadits. 

Abu Hurairah r.a.:”Kami pernah berdiskusi tentang lailatul Qadar di sisi Rasulullah SAW. Dia bersabda, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan,” (HR Muslim).

4. Cerah dan TerangMalam itu terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang, dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan meteor.

Ini berdasarkan hadits Ubadah bin Shamit r.a:“Malam itu adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. BACA JUGA

Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadr adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu,” (HR Ahmad).

5. Khusuk Beribadah pada malam Lailatul Qodar. Ada yang berpendapat ciri Lailatul Qadar apabila orang-orang beribadah pada malam tersebut, dia merasakan khusyuknya ibadah, ketenangan hati, dan kenikmatan beribadah kepada Allah tidak seperti malam-malam lain. 

Namun, ada sekian tanda malam Qadar itu bukan berarti setiap orang bisa mengetahui dan merasakannya.

Imam ath-Thabari mengatakan “Itu tanda-tanda Lailatul Qadar tidak mesti, seorang Muslim bisa saja mendapatkan malam mulia tersebut tanpa ia melihat atau mendengar sesuatu dari tanda-tanda itu.”

Itulah tanda-tanda malam Lailatul Qadar semoga kita dapat mendapatkan dan merasakan malam Lailatul Qodar yang penuh keberkahan, kebaikan dan keselamatan, Aamiin. BACA JUGA

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Solat Subuh Berjamaah, Pegawai LPP Kelas IIA Palembang Pererat Silaturahmi dengan Irjen

Image

Visitasi Akreditasi SD Muhammadiyah Kedundang Diwarnai Rasa Ceria

Image

Deputi Bidang KSPK BKKBN Pusat: Jelaskan Ciri Stunting

Image

Karena Kamu Uang

Image

Entah Kemana Mesti Menuju

Image

Ketika Internet Menjelma Menjadi Perabot Rumah Tangga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image
-->