Konogawa Coffee & Culture: Akulturasi Kafe ala Jepang dan Jawa

Image
Yogie Alwaton
Kuliner | Monday, 10 May 2021, 12:33 WIB
konogawa.coffee/instagram.com

Daerah Istimewa Yogyakarta, begitulah sebutan salah satu provinsi yang ada di Indonesia ini. Selain terkenal dengan kota pendidikannya, keistimewaan kota Jogja memang begitu melekat pada setiap hal. Baik soal kebudayaan, wisata hingga kuliner sekalipun.

Sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menyimpan dan menyediakan beragam lokasi asyik bagi pelajar/mahasiswa untuk mengerjakan tugas atau sekedar untuk lokasi hangout. Keberagaman tersebut diwujudukan dengan menjamurnya kafe, termasuk coffee shop.

Coffee shop memang memiliki hati tersendiri bagi masyarakat Jogja. Hal ini lantaran setiap coffee shop menyimpan keunikan dan daya tariknya masing-masing. Ada yang terkenal karena murahnya, kenyamanannya atau karena berbeda dari tempat-tempat hangout pada umumnya. Konogawa Coffee & Culture misalnya. Disaat kebanyakan coffee shop didominasi dengan konsep industrial, berbeda halnya dengan kafe yang satu ini. Konogawa Coffee & Culture merupakan sebuah kafe yang memadukan akulturasi budaya antara Jepang dengan Jawa.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nama dari Konogawa sendiri yang mempunyai makna filosofis. Konogawa diangkat dari Bahasa Jawa yaitu kono yang berarti sana, dan gawa yang bermakna bawa. Konogawa memiliki arti bahwa segala hal mengenai coffee shop ini diharapkan mampu membawa kebaikan untuk dibagikan pada semua orang.

Konogawa Coffee & Culture berlokasi di Jalan Jati Mataram No.277, Kutu Dukuh, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bertempat sisi jalan, membuat kafe ini akan mudah untuk kamu temui.

Saat memasuki kafe ini, kamu akan dimanjakan dengan desain interior kayu yang kental, sehingga membuat suasana Jepang begitu terasa. Selain itu suasana cozy pun akan kamu dapatkan ketika berada di kafe ini. Hal ini beralasan, karena memang kafe ini ingin agar setiap pelanggannya merasa seperti sedang berada di rumah sendiri. Konogawa Coffee & Culture sendiri baru dibuka pada 26 September 2020 lalu, namun karena keunikannya membuat kafe ini begitu cepat dikenal oleh kalangan milenial.

konogawa.coffee/instagram.com

Terdapat 3 space yang bisa kamu dan teman-temanmu nikmati, yaitu indoor, outdoor, dan rooftop outdoor. Di ruangan dalam, tersedia kursi dan meja lesehan ala Jepang. Di ruangan ini, sebenarnya space yang tersedia tidak terlalu besar. Namun sudah ada fasilitas AC kok supaya kamu tidak merasa kepanasan. Selain itu juga sudah ada wifi serta terdapat pula pojok kolaborasi yang memang disediakan untuk kamu yang ingin bermain gitar atau sebagai spot instagramable.

konogawa.coffee/instagram.com

Kemudian untuk di halaman (outdoor), ada pohon yang lumayan besar yang dapat berguna ketika siang hari. Di halaman ini, sebenarnya sangat cocok lho bagi kamu yang hobinya hangout bersama teman-temanmu karena disediakan juga kursi dan meja. Nah kalau kamu ingin mencoba salah satu sudut menarik di Konogawa, kamu bisa naik satu lantai di area rooftop. Di sudut yang diberi nama nirvana ini idealnya nyaman dinikmati pada sore dan malam hari, karena tidak ada atap penutup di atasnya. Spot ini jadi salah satu area instagramable lainnya di Konogawa Coffee.

Sumber foto: Yogie Alwaton

Tidak lengkap rasanya jika ke kafe tapi tidak menikmati makanan maupun minuman yang ada. Nah, di Konogawa Coffee & Culture ini kamu bisa mencoba salah satu signature drinksnya, yaitu Pikotaro Boost yang merupakan minuman perpaduan antara nanas dan kopi. Selain itu terdapat pula menu Espresso Based nih yang bisa jadi pilihan kamu. Asyiknya lagi, kalau kamu datang dari pukul 08:00 11:00, semua menu dari Espresso Based hanya Rp15.000 saja dari harga normal rata-rata yaitu Rp25.000. Asyik kan? Nah kalau kamu ingin mencoba varian yang Non Coffee tersedia pula menu seperti Chocolate Cold, Matcha Cold atau Red Velvet. Adapun harganya mulai Rp20.000 Rp27.000.

Sumber foto: Yogie Alwaton

Di kafe ini juga menyediakan makanan ringan hingga berat. Adapun salah satu makanan berat yang tersedia, yaitu Katsu Series seperti Chicken Katsu the OG yang merupakan ayam katsu yang disajikan dengan saus tonkatsu. Selain menu dari Katsu Series, kamu juga bisa mencoba varian lain yaitu Mentai berupa Mofu-Mofu Tomago dan Orenji Chikin.

Untuk makanan ringan, opsinya ada Tempe Mendo, Konoswich, Fureido Potato, Cheerful Somay, Mini Plattter dan Snack Platter. Harga mulai Rp20.000 Rp40.000. Lumayan nih buat cemilan kamu hangout!

Nah kalau makanan penutup, salah satu andalannya ialah Mitarashi Dango yang dipadukan dengan saus khas dari kafe ini.

Konogawa Coffee & Culture buka setiap hari mulai pukul 09:00 23:00 WIB. Tapi bila kamu ingin memesan via online, saat ini Konogawa Coffee sudah ada pula di Gofood.

Nah, kafe yang satu ini bisa banget nih jadi opsi kamu untuk sekedar nongkrong sama temen atau mengerjakan tugas sekalipun. Terlebih, kafe ini juga sering mengadakan promo lho tiap bulannya. Selengkapnya kamu bisa cek di Instagram @konogawa.coffee ya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

a full-time learner who loves public relations and media studies.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Tahukah Kalian, Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan?

Image

WIZ Salurkan Sembako Untuk Dhuafa yang Terdampak Pandemi

Image

Pentingnya Self Healing Dimasa Pandemi

Image

Keluarga Harmonis, Seperti Apa sih?

Image

3 Tips membuat konten yang viral

Image

6 Tips Agar Kamu Betah di Pesantren

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image