Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?

Agama | Saturday, 16 Apr 2022, 01:17 WIB

Kapan Malam Lailatul Qadar terjadi?

Secara khusus, malam Lailatul Qadar dikatakan terjadi pada malam ganjil bulan Ramadhan.

Namun, dalam hadits disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar datang pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

Dikutip dari buku Ringkasan Hadits Sahih Al-Bukhari yang disusun oleh Imam Az-zabidi.

Mencari malam qadr pada malam-malam dengan bilangan ganjil dan pada sepuluh malam terakhir Ramadhan.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a: Rasulullah SAW pernah bersabda: “Carilah malam qadar di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, yaitu pada malam kesembilan atau ketujuh atau kelima dari sepuluh malam terakhir bulan itu. Ramadhan (yaitu tanggal 21, 23, 25, 27, 29, bulan Ramadhan (3:238: S.A). Baca Selengkapnya...

Lailatul Qadar adalah malam di bulan suci Ramadhan yang memiliki kebaikan lebih baik dari seribu bulan atau 1000 bulan.

Lailatul Qadar memiliki keistimewaan malam yang lebih baik dari seribu bulan atau 1000 bulan.

Barang siapa yang melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar maka akan mendapatkan pahala yang setara dengan melakukan ibadah selama seribu bulan.

Atau diibaratkan beribadah terus menerus selama 84 tahun.

Bagaimana cara mendapatkan malam lailatul qadar?

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar bisa dilakukan dengan menghidupkan amalan dan ibadah di 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan.

Diriwayatkan dari Aisyah r.a.: Pada awal sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, Nabi SAW mengencangkan ikat pinggang dan shalat sepanjang malam, dan membangunkan semua anggota keluarganya untuk shalat (3:241-S.A) .

Kita harus lebih rajin beribadah kepada Allah SWT di hari-hari terakhir bulan suci, agar kita bisa memaksimalkan segala nikmat yang ada di bulan Ramadhan ini.

Amalan lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar adalah memperbanyak membaca Al-Qur'an, shalat malam, memperbanyak shalat, beritikaf di masjid, bersedekah atau ibadah lainnya.

Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah khususnya di 10 hari terakhir Ramadhan agar mendapatkan karunia Lailatul Qadar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image