Faktor Penentu Harga Bangun Rumah Beserta Unsur Pembentuknya

Image
Drajad Dwi
Gaya Hidup | Tuesday, 12 Apr 2022, 10:21 WIB

Kebanyakan orang menganggap bahwa membangun rumah merupakan sesuatu yang rumit. Dalam mencari jasa pemborong beserta arsiteknya seringkali membutuhkan kesabaran ekstra. Belum lagi pertimbangan mengenai harga bangun rumah yang disodorkan oleh pihak kontraktor.

Untuk Anda yang memiliki dana lebih tentu harga atau biaya bukanlah masalah penting, akan tetapi untuk orang yang memiliki dana terbatas biaya merupakan sesuatu yang perlu perhatian khusus.

Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi harga bangun rumah

Unsur Pembentuk Harga Borongan

Harga bangun rumah yang ditawarkan oleh seorang kontraktor rumah atau pemborong terdiri dari banyak sekali unsur pembentuknya. Selain material komponen pembangun rumah masih banyak unsur lain seperti harga perlengkapan (alat bantu), biaya pajak, biaya operasional, mobilisasi/transportasi, biaya pajak dan lain sebagainya.

Upah Para Pekerja

Upah atau gaji pekerja adalah biaya yang harus dibayarkan pada pekerja bangunan untuk sebuah pekerjaan tertentu. Secara umum biaya ini dihitung berdasarkan jumlah hari atau jumlah volume pekerjaan (borongan) tergantung dari masing-masing kontraktor. Antara satu kontraktor dengan lainnya bisa memiliki kebiasaan tersendiri.

Namun apapun sistem pembayaran yang diterapkan, harga bangun rumah sangat ditentukan oleh lokasi pekerjaan. Semakin jauh lokasi yang harus dijangkau oleh seorang pekerja bangunan dari tempat tinggalnya maka akan membuat harga jasa mereka menjadi semakin mahal.

Setelah itu target waktu yang ditetapkan hingga pekerjaan selesai. Semakin cepat waktu yang Anda minta maka harganya juga akan semakin mahal karena pihak kontraktor akan menyuruh para pekerjanya melakukan lembur sedangkan gaji lembur besarnya dua kali lipat lebih mahal dari harga normal.

Kemudian tingkat kesukaran pekerjaan. Semakin rumit sebuah pekerjaan maka besaran jasa yang harus dibayar juga semakin mahal. Contohnya saja untuk membuat mural dinding. Karena membutuhkan tenaga ahli untuk mengerjakannya maka pihak kontraktor harus memanggil pekerja dari luar yang ahli di bidangnya dengan harga jauh lebih mahal.

Harga Bahan Bangunan (Material)

Untuk membuat sebuah bangunan tentu membutuhkan yang namanya material bangunan. Harga bangun rumah yang harus dibayar pada kontraktor juga sangat bergantung pada materialnya. Ketika rumah yang akan dibangun memiliki ukuran besar maka biayanya semakin mahal.

Material unik yang sulit didapatkan hingga harus diimpor juga harganya mahal. Selain itu masih banyak komponen pendukung lain yang dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah. Katakan saja seorang kontraktor hendak memasang ubin/keramik. Tentu bukan hanya keramik saja yang dibutuhkan. Akan tetapi mereka juga butuh semen, perekat serta pengisi nat.

BACA JUGA: Tips memilih rumah idaman

Alat-alat Pendukung

Seorang kontraktor tentu tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa adanya alat/unsur pendukung seperti gergaji, obeng, sendok semen, katrol, vibrator beton, mixer beton dan lain sebagainya. Belum lagi alat transportasi yang digunakan untuk membawa peralatan tersebut tidaklah gratis. Hal inilah yang membuat kontraktor membebankannya pada biaya pekerjaan.

Selain unsur-unsur yang sudah disebutkan di atas, masih ada satu biaya lagi yaitu fee kontraktor. Umumnya kontraktor akan mengambil keuntungan dari biaya jasa bangun rumah secara total.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang Blogger yang menyukai dunia bisnis dan internet marketing

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Selayang Pandang Strategi Pembelajaran Sosial Emosional di Sekolah

Image

Kalapas Batang Hadiri Peresmian Closed House FPP Universitas Diponegoro

Image

Fatmawati: antara Cinta dan Poligami

Image

Sistem Pengelolaan Humas dikantor BPBA Aceh

Image

Kepala Rutan Jepara Hadiri Arahan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenkumham Jateng

Image

Pengalaman beralih ke Tembakau Alternatif

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image