Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Widiarini

IGI NATUNA SUKSES SELENGGARAKAN PELATIHAN CANVA JUARA BATCH 1

Info Terkini | Sunday, 10 Apr 2022, 16:20 WIB

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Natuna memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para guru Indonesia untuk mengikuti pelatihan aplikasi canva level 4. Diketahui sejak pandemi dan pembelajaran dilakukan secara daring, pelatihan canva level 1, level 2, dan level 3 yang diinisiasi IGI Natuna ini cukup sukses menggetarkan dunia pelatihan pembelajaran di Indonesia, bahkan jangkauannya mencapai negara Arab Saudi. Ribuan peserta telah dinyatakan lulus mengikuti pelatihan canva ini.

Pada kesempatan kali ini, terselenggara Pelatihan canva level 4 berjudul Pelatihan Canva Juara (Jagoan Urusan Media Pembelajaran). “Begitu banyak fitur, hal menarik yang ada di Canva for education.” Hal itu disampaikan Bang Fauzan Masri, S.Pd, Ketua IGI Kabupaten Natuna ketika membuka kegiatan Pelatihan Canva Juara Batch 1 secara online melalui zoom meeting pada 22 Maret 2022 sekitar pukul 19.10 WIB.

Trainer Kang Dero, Deni Rohendi, S.Pd, M.Pd dan Fauzan Masri, S.Pd Ketua IGI Kabupaten Natuna saat membuka Pelatihan Canva Juara. (ss/widi)

Pelatihan berlangsung selama empat hari, 22-25 Maret 2022 secara online melalui zoom meeting. Dan para peserta dapat menyimak kembali melalui recording youtube. Pelatihan keren ini difasilitasi TimTrainer berpengalaman, yaitu Kang Deni Rohendi, S.Pd, M.Pd dan Teh Dona Yuliasari, S.Pd, M.Si. Kegiatan pembukaan ini diikuti sebanyak 159 peserta seantero Indonesia dan masih memungkinkan bertambah hingga akhir kegiatan.

"Jumpa kembali teman-teman. Sepertinya ini wajah-wajah tidak asing ini. Sudah lulus Canva level 1, 2, 3 yah. Mari bersyukur masih diberi kesempatan berjumpa lagi. Dari Canva edu berawal bulan Juli 2021 hingga saat ini. Malam ini Canva Juara. Pada pertemuan hari ini, kita akan belajar tentang Membuat tugas belajar mandiri dan video reels instagram," ungkap Kang Dero, sapaan hangat Deni Rohendi, Selasa (22/03/2022).

Dalam kegiatan itu, para peserta terdiri dari para guru tampak bersemangat mengikuti kegiatan pelatihan hingga selesai. Terbukti, terlihat keaktifan mereka bertanya dan banyak yang masih bertahan menyimak hingga selesai walau di sesi malam hari.

Trainer Dona Yuliasari, S.Pd, M.Si saat memberikan materi pelatihan melalui zoom meeting. (ss/widi)

Pada dua pertemuan berikutnya, para peserta dibimbing oleh Bu Dona Yuliasari. Beliau menyampaikan materi tentang Video pesan seluler, quotes sinematik, Canva’s hack for teacher dilanjutkan membuat video tiktok dan menu masakan. Para peserta sangat senang terutama para Ibu, kebetulan menu terakhir sekaligus memberi semangat menyambut bulan Puasa.

"Bapak Ibu, silahkan semangat membuat tugas yang sudah saya sampaikan di GCR. Bagi yang berhalangan mengikuti sesi ini dapat menyimak recording yang Insya Allah akan kami kirim di grup," ujar Bu Dona menegaskan.

Hingga pada sesi pertemuan terakhir diisi oleh Kang Dero dengan memberikan materi tentang Penyajian Data dalam bentuk diagram Batang, lingkaran, garis dan piktogram. Di samping itu juga membuat video stop motion.

Pasca pelatihan usai, para peserta pelatihan diberikan kesempatan beberapa waktu untuk bisa menyelesaikan tugas yang dikirim melalui google classroom. Kemudian disusul waktu koreksi oleh pihak tim trainer.

Betapa bahagianya para peserta pelatihan saat Kang Dero memberitahukan hasil pelatihan canva level juara ini melalui whattshap grup Canva Juara batch 1 pada Sabtu, 09 April 2022 pukul 10.47 WIB. Sebanyak 244 peserta dinyatakan lulus dan 74 peserta tidak lulus. Beberapa peserta menyampaikan terimakasihnya kepada segenap tim trainer IGI Kabupaten Natuna yang telah memberikan pelayanan canva level 4 terbaik kepada peserta pelatihan.

Widiarini, Guru MAN 2 Cilacap

Widiarini, guru Matematika MAN 2 Cilacap merasa sangat terbantu dengan aplikasi canva ini. Mengikuti level demi level dan Canva juara memberikan amunisi baru untuknya dalam mengembangkan pembelajaran terutama berkaitan dengan pembuatan diagram yang ternyata ada di Canva. “Terimakasih IGI Natuna yang terdepan dalam mensupport para guru Indonesia menyongsong merdeka belajar,” ucapnya.

Eneng Fitriani Puspitowati, S.Pd.Si (Guru SMK N 1 Bantul)

"Sangat senang. Pelatihan ini sangat seru, menyenangkan dan sangat bermanfaat dalam pembelajaran maupun keluarga," kesan dari Eneng Fitriani Puspitowati, seorang guru SMK N 1 Bantul, Yogya. Beliau berharap ke depan dapat ngulik canva apapun materinya.

Rukati, S.Ag, M.Pd.B. (Guru SD N Ngawen Kecamatan Cluwak, Pati, Jawa Tengah)

Sementara itu, Rukati yang kesehariannya mengajar di SD N Ngawen Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati, Jawa Tengah memberikan kesan baik bahwa pelatihan canva juara mendorong semangat untuk berkarya, antar peserta saling membantu , para trainer yang luar biasa sabar dalam membimbing dan materi yang disampaikan memberikan tantangan untuk terus mengeksplor diri. Ke depan dirinya menginginkan adanya silaturahmi trainer dengan alumni pelatihan, menerbitkan buku berISBN bersama, terus melanjutkan pelatihan di kelas Canva.

Umi Yahyuni, Guru SMP N 1 Ngariboyo, Magetan, Jawa Timur

Kesan yang sama juga dirasakan oleh Umi Yahyuni. Menurutnya pelatihan ini sangat membantunya dalam membuat berbagai keperluan administrasi KBM terutama dalam membuat modul juga quiz . Ibu guru SMP N 1 Ngariboyo, Magetan, Jawa Timur ini terus berharap bahwa dirinya dan para guru mampu terus berkreasi membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi canva dan dapat memberikan insprirasi kepada yang lain.

Rini Herawati, Guru SMP Negeri 20 Banjarmasin.

Sedangkan Rini Herawati yang merupakan peserta yang dinyatakan lulus Canva Juara Batch 1 inipun mengatakan bahwa materi pelatihan sangat keren dan membuat guru semakin milenial. Ibu yang mendedikasikan diri di SMP Negeri 20 banjarmasin ini berharap pula bahwa dirinya dan guru-guru di Indonesia semakin mahir menggunakan media pembelajaran di era digital.

Aghata Vita Indriyani Dyah P, Guru SMP N 1 Tarokan, Kediri, Jawa Timur.

“Luar biasa, canva benar-benar juara di hati saya. Banyak ilmu baru yang bisa saya dapat pelatihan canva juara level 4 ini. Apa yang sebelumnya belum pernah saya pelajari ternyata ada di sini,” kata Aghata Vita Indriyani Dyah bersemangat. “Next di tunggu pelatihan canva level 5.” Pungkas guru SMP N 1 Tarokan Kabupaten Kediri yang kini tinggal di Jalan Kenongo Raya 70 Ngronggo, Kediri, Jawa Timur. (widi)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image