Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Saputra Yusuf

Cumi Kuah Pedas Kemangi Cocok Untuk Buka Puasa Di Rumah

Kuliner | Sunday, 10 Apr 2022, 01:03 WIB

Apa kamu sedang mencari ide resep Cumi Kuah Pedas Kemangi? Cara membuatnya pun tidak sulit dan juga sangat mudah. Jika Anda salah mengolahnya, hasilnya akan tidak memuaskan bahkan tidak menyenangkan. Padahal cumi kemangi pedas yang enak harus memiliki aroma dan rasa yang bisa menggugah selera kita.

Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa cumi kemangi pedas, mulai dari jenis bahan, pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Anda tidak perlu khawatir jika ingin menyiapkan cumi kemangi pedas yang enak di rumah, karena asal tahu triknya, masakan ini bisa menjadi sajian yang istimewa.

Berikut ini beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat cumi kemangi pedas yang siap untuk dibuat. Anda bisa menyiapkan Cumi dengan Saus Kemangi Pedas menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap persiapan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkan hidangan.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam membuat kuah Kemangi Pedas.

Bahan-bahan:

- Siapkan 500 gram cumi

- Ambil 1 jeruk nipis

- Siapkan 2 cm lengkuas, geprek

- Sediakan 1 batang serai, geprek

- Sediakan 4 tangkai kemangi, ambil daunnya (sesuai selera)

- Siapkan 3 lembar daun jeruk

- Gunakan 2 buah tomat, iris sesuai selera

- Siapkan 1 sdm saus tiram

- Gunakan 1 sdt merica bubuk

- Ambil garam secukupnya

- Gunakan gula secukupnya

- Ambil kaldu jamur bubuk secukupnya

- Sediakan 250 ml air matang

Bumbu halus:

- Siapkan 12 cabai merah keriting

- Ambil 8 buah cabai rawit

- Siapkan 6 siung bawang merah

- Ambil 3 siung bawang putih

- Siapkan 2 buah kemiri

Cara Membuat:

1. Bersihkan cumi. Keluarkan tintanya lalu lumuri dengan air jeruk nipis selama kurang lebih 10 menit.

2. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun jeruk, serai dan lengkuas.

3. Masukkan cumi, aduk rata lalu tuang air matang.

4. Setelah air mendidih, masukkan gula, garam, kaldu jamur, merica bubuk, dan saus tiram. Aduk rata hingga air menyusut sedikit dan tes rasa.

5. Setelah rasanya pas, masukkan irisan tomat, masak sebentar, lalu masukkan daun kemangi. Masak hingga daun kemangi layu. Menyajikan.

Terima kasih telah mengunjungi halaman ini. Semoga mudahnya cara membuat Kuah Cumi Kemangi Pedas diatas dapat membantu anda dalam menyiapkan masakan yang enak untuk keluarga atau menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image