Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Saputra Yusuf

Resep Cara Membuat Cakwe Yang Empuk Dan Gampang Cara Membuat Nya

Kuliner | Sunday, 29 May 2022, 22:56 WIB

Cakwe merupakan salah satu makanan tradisional China yang dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Cakwe adalah sejenis roti goreng yang bentuknya memanjang dan bagian dalamnya sedikit berlubang.

Kue ini banyak digemari karena rasanya yang gurih, tidak terlalu manis dan tidak terlalu asin. Biasanya kue ini dijadikan sebagai pengganti sarapan pagi dan banyak dijual di pinggir jalan.

Baca Juga: Resep Dan Cara Membuat Tahu Crispy Brontak Gurih Lezat Dan Nikmat

Resep Dan Cara Membuat Camilan Kue Onde-onde Yang Nikmat

Bagi anda yang ingin membuat cakwe di rumah, bisa dan langsung ikuti resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

- 120 gr tepung terigu protein tinggi

- 120 ml air

- 1/4 sdt ragi instan

- 1/2 sdt gula pasir

- 1/2 sdt garam

- 1/4 sdt baking powder

- 1 sdm minyak goreng

- 200ml minyak goreng

Cara membuat:

1. Masukkan dalam wadah tepung terigu, gula pasir dan baking powder. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Setelah setengah kalis, tambahkan 1 sendok makan minyak goreng dan garam.

2. Uleni lagi hingga kalis, lalu bulatkan dan diamkan dengan tutup serbet selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

3. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan uleni sebentar. Gilas adonan, lalu potong dengan panjang dan lebar yang sama. Bentuk adonan dengan sumpit sehingga adonan memiliki garis.

4. Panaskan minyak dengan api kecil. Setelah panas, tambahkan campuran cakwe dan goreng sampai kedua sisinya berwarna cokelat keemasan. Kemudian angkat dan tiriskan. Ulangi menggoreng sampai adonan mentah habis.

5. Letakkan di piring saji dan tambahkan saus sambal agar lebih nikmat.

Itulah resep cara membuat cakwe yang lembut dan empuk. Selamat mencoba!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image