Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fenti Fempirina K

Ramadan: Momen Istimewa untuk Meraih Pahala Berlipatganda

Agama | Thursday, 31 Mar 2022, 17:50 WIB

Tak terasa, Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Selangkah lagi kita akan bersua dengan sang tamu istimewa. Sudah siapkah kita menyambutnya? Sungguh Bulan Ramadan adalah kesempatan besar bagi kita, terdapat banyak keistimewaan dan kemuliaan di dalamnya. Oleh karena itu, rugi rasanya jika persiapan kita biasa-biasa saja, lebih rugi lagi jika kita tidak mengisinya dengan amal kebaikan, melewatkan kesempatan mendapatkan pahala dan ampunan.

Salah satu keistimewaan Bulan Ramadan adalah dilipatgandakannya pahala ibadah. Dalam salah satu hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Masya Allah, begitu besar pahala yang bisa diraih umat muslim di bulan Ramadan. Tak heran jika umat muslim begitu giat beribadah dan melakukan amal shalih. Yuk jangan lewatkan kesempatan ini. Kita bisa mulai merencanakan kegiatan apa saja yang akan kita lakukan di bulan Ramadan, semisal memperbanyak tilawah al-Quran, dzikir pagi-petang, shalat sunnah, bersedekah dan lain-lain. Dan yang tak kalah penting juga, menuntut ilmu di Bulan Ramadan.

Ada banyak pahala dan kemuliaan yang bisa diperoleh para penuntut ilmu. Salah satunya diangkat derajatnya oleh Allah SWT, sebagaimana firman-Nya: “Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang yang diberi ilmu,” (QS Al-Mujadalah: 11). Jika di hari biasa pahala menuntut ilmu sudah luar biasa, bayangkan jika dilakukan di bulan Ramadan, pasti akan berlipat ganda.

Selain memperbanyak ibadah dan amal kebaikan, hal lain yang perlu kita lakukan adalah menghindari kemaksiatan apapun bentuknya, baik kemaksiatan melalui pendengaran, penglihatan atau lisan. Jika kebaikan dilipatgandakan pahalanya di bulan ini, demikian juga balasan bagi kemaksiatan akan turut dilipatgandakan. Rasulullah SAW: “Maka berhati-hatilah kalian pada bulan Ramadhan, sesungguhnya kebaikan-kebaikan di bulan Ramadhan itu dilipat gandakan pada apa-apa yang tidak dilipat gandakan dalam selain bulan Ramadhan, demikian pula kejelekan-kejelekan (juga dilipat gandakan),” (HR Thabrani).

Semoga dengan persiapan yang matang, kita bisa optimal beribadah dan sukses meraih pahala kebaikan sebanyak-banyaknya di bulan Ramadan. Dan semoga kita benar-benar menjadi hamba-Nya yang bertakwa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image