Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Ikuti Kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul, Guru MTsN 6 Bantul Targetkan PTK

Eduaksi | Sunday, 20 Mar 2022, 21:42 WIB

Bertempat di MTsN 1 Bantul pada hari Rabu (16/3) kegiatan MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul dilaksanakan sesuai rencana. Pertemuan ketiga dari KKG II dihadiri tiga puluhan anggota. Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh MGMP IPA Diknas Kabupaten Bantul, sehingga beberapa guru tidak dapat hadir. Guru MTsN 6 Bantul yang terdiri atas Dian Budi Astuti, Ihsanudin, Abdul Zaelani, dan Siti Zaidah tampak bergabung pada pertemuan tersebut. "Semoga ilmu yang didapat bisa berkontribusi positif pada kemajuan belajar siswa," ungkap Kepala MTsN 6 Bantul saat guru-guru IPA akan menghadiri pertemuan MGMP.

MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul menghadirkan narasumber fasilitator daerah yaitu Siti Juwariyah dengan materi pokok "Pembuatan BAB II Kajian Teori". Kajian Teori dipergunakan sebagai pendukung dalam pemecahan masalah yang diambil dalam pelaksanaan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Siti Juwariyah menjelaskan bahwa BAB II kajian teori dapat berisi kajian teori tentang masalah yang dipecahkan, kajian teori tentang metode/model/strategi/tindakan yang akan dilakukan, kerangka berpikir, dan hipotesis tindakan (bila perlu). "Referensi yang diambil sebagai kajian teori saat ini semakin mudah didapat melalui media internet yang dapat diakses secara cepat, tetapi jangan lupa mencantumkan sumbernya dengan lengkap," ujar Siti Juwariyah.

Pertemuan yang dihadiri oleh Guru IPA MTsN 6 Bantul ini juga dibahas tentang cara membuka google cendekia. Pada kesempatan ini anggota MGMP IPA bisa belajar bersama mencari judul, membaca abstrak, bahkan sampai bisa men-download-nya pada jurnal yang mirip dengan judul PTK. Hasilnya dapat digunakan sebagai referensi penelitian yang relevan untuk pelengkap kajian teori.

Beberapa guru IPA MTs Kabupaten Bantul pada pertemuan kali ini, menyampaikan materi, metode, dan model yang akan dilaksanakan pada PTK. Guru MTsN 6 Bantul tidak mau ketinggalan ikut juga berpartisipasi aktif, dengan mengambil materi kemagnetan untuk kelas IX dan pesawat sederhana untuk kelas VIII dalam menyusun PTK. Hal ini sesuai harapan dari ketua MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul yang sekaligus sebagai fasilitator daerah yaitu semua anggota harus menyukseskan program MGMP IPA MTs Kabupaten Bantul. (dba/rn)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image