Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Asah Kemampuan Menghapal Al-Qur’an, Siswa VIIA MTsN 6 Bantul Semangat Ikuti Ujian Tahfiz

Agama | Tuesday, 15 Mar 2022, 18:00 WIB

Beribadah itu banyak ragamnya, termasuk menghafal Al-Qur’an. Mengapal al-qur’an adalah ibadah yang sangat baik sebagai bekal kehidupan. Sebagai madrasah berbasis agama, MTsN 6 Bantul selalu berkomitmen agar anak didiknya memiliki kemampuan menghapal Al-Qur’an. Buktinya di MTsN 6 Bantul ini ada program pendukung hafalan tahfiz. “Di Madrasah ini ada program tahfiz untuk semua kelas di setiap jenjangnya,” ujar Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah.

Pertengahan semester genap tahun ini di MTsN 6 Bantul diadakan ujian tahfid untuk semua kelas yang jumlahnya sekitar 540-an siswa dari kelas VII hingga kelas IX. Tentunya hafalan masih dibagi-bagi jumlah suratnya karena perbedaan kelas dan kemampuan. MTsN 6 Bantul di setiap jenjang memiliki kelas khusus tahfiz. Kelas VIIA, misalnya. Sebagai kelas unggulan tahfiz maka saat ujian sudah ada ketentuan sendiri.

“Khusus kelas VIIA MTsN 6 Bantul yang merupakan kelas tahfiz pada ujian pertengan ini anak-anak diuji kemampuan menghafal juz 30. Ujian tengah semester kelas VIIA ini di bagi dua kelompok untuk lebih mempertajam ujian dengan rincian kelompok satu siswa untuk presensi no 1-15 dengan penguji Iswanto dan kelompok dua siswa dengan nomor presensi 16 - 31 dengan penguji Fuad Hamami,” ujar Ma’mur Amprani, wali kelas VIIA.

Salah satu siswa saat ditanya mengaku sangat senang dengan adanya ujian ini “Saya sangat senang karena bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan yang sudah kita miliki. Bila ada yang kekurangan dalam setor hapalan maka kita akan tambah semangat dalam belajar,” tutur Ahmad Kafin .

Kepala MTsN 6 Bantul mengatakan bahwa para siswa perlu mempelajari dan menghapalkan Al-Qur’an sebagai bekal mengarungi kehidupan di masa mendatang.“Anak-anak harus mampu menghapal Al-Qur’an karena dengan hapalan ini siswa akan bisa lebih percaya diri. Menghapal al-qur’an merupakan amalan yang baik bagi umat Islam,” katanya. Mafrudah juga berpesan terus semangat dalam menghafal Al-Qur’an dan belajar sungguh sungguh.

Ma’mur Amprani menyatakan syukur atas terselenggaranya ujian ini dengan lancer. “Alhamdulillah pelaksanaan ujian tengah semester kelas 7A tahfiz dapat berjalan dengan baik. Semoga kedepan anak-anak lebih mantap lagi hapalannya,” pungkasnya. (mur/rin)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image