Pentingnya Kanal Komunikasi Dua Arah untuk Jaga Citra Perusahaan
Teknologi | 2025-08-18 21:06:01
Pentingnya komunikasi dalam transaksi
Dalam konsep perdagangan, kita sering dipertemukan dengan istilah "pembeli adalah raja" bukan? Selain dilayani soal product knowledge, penjual juga wajib membantu setiap kendala yang dihadapi oleh pembeli untuk memaksimalkan kenyamanannya selama menjadi pengguna produk.
Salah satu cara mengoptimalkan pelayanan ini adalah dengan komunikasi; tidak perlu intens, tapi banyak cara yang dapat dilakukan agar pelanggan bisa segera mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan produk.
Komunikasi menjadi kunci agar konsumen puas dengan produk dan pelayanan serta membuka potensi repeat order atau produk direkomendasikan ke orang-orang di sekitarnya sehingga peluang meningkatnya penjualan jadi lebih tinggi.
Ragam wadah komunikasi bagi perusahaan
Bicara soal komunikasi di era teknologi, tentu banyak sekali cara yang tersedia, mulai dengan penyediaan WhatsApp Official perusahaan, Customer Service, Email hingga sosial media. Semakin banyak variasi wadah komunikasinya, semakin banyak pula cara untuk terhubung dengan pelanggannya.
Variasi media komunikasi yang banyak ini juga membantu pelanggan untuk memilih cara komunikasi yang paling cocok, yang paling tepat dan yang paling bisa dilakukan pada saat situasi sedang penting-pentingnya.
Media komunikasi yang beragam diikuti dengan eksekusi keluhan pelanggan dengan cepat lagi-lagi akan jadi poin yang krusial bagi seorang pelanggan untuk menentukan tetap menjadi pengguna produk yang sama atau harus berpindah ke lain hati.
Percuma saja layanan pelanggan banyak kalau eksekusinya lambat. Pun, untuk apa eksekusi yang cepat dan akurat jika tidak ada wadah mengadu bagi para pelanggan?
Mengenal Telkom Indibiz Care
Bicara soal komunikasi dua arah antara pelanggan dan perusahaan kini menjadi momok penting yang kian disadari untuk menjaga brand image perusahaan dengan memberikan pelayanan yang cepat, responsif dan optimal. Tidak heran jika perusahaan-perusahaan dan instansi berlomba menyediakan wadah tersebut.
Salah satu perusahaan yang menyediakannya adalah Indibiz yang kini memiliki Telkom Indibiz Care yang dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses layanan melalui berbagai kanal komunikasi seperti email, call center, media sosial, hingga layanan pesan pribadi.
Kanal-kanal ini dirancang untuk memastikan pelanggan dapat menjangkau layanan dengan cepat terutama saat menghadapi kendala di lapangan. Selain itu, kanal-kanal tersebut juga bisa diakses dengan cepat dan mudah selama 24/7 tanpa mengenal hari libur di berbagai kanal komunikasi
Layanan ini dihadirkan untuk menunjukkan keseriusan Indibiz sebagai enabler transformasi digital untuk pelaku usaha di segmen B2B, Telkom Indonesia terus berkomitmen menerapkan prinsip simplify to amplify dalam proses customer journey.
Telkom Indibiz Care ini juga menjadi pembuktian komitmen Telkom dalam meningkatkan customer experience mulai dari kendala yang cepat diatasi dengan kualitas yang mumpuni, responsif, dan sigap.
Lewat layanan pelanggan yang selalu siap kapan saja, diharapkan proses transformasi digital yang Telkom hadirkan untuk market B2B di Indonesia semakin terakselerasi dengan baik. Dengan begitu, tak ada pula pelanggan yang merasa diabaikan, tak ada lagi pelanggan yang kebingungan dan tak ada lagi pelanggan yang harus menunggu lama untuk sebuah perbaikan.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
