Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

ExxonMobil Cepu Limited Pastikan Kompetensi Perawatan Sumur di PPSDM Migas

Info Terkini | Tuesday, 08 Mar 2022, 14:46 WIB

Untuk memastikan kompetensi tenaga kerja pada jabatan Skema Sertifikasi Kompetensi Operator Unit Perawatan Sumur dan Pengawas Perawatan Sumur, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) berkolaborasi mengadakan pelatihan Perawatan Sumur pada Selasa (01/03/22).

Sri Parwana, Course Leader pelatihan ini menyatakan bahwa PPSDM Migas terus berperan aktif dalam rangka memelihara kompetensi pekerja migas Indonesia.

“Sebelum mengikuti sertifikasi, kami memberi pelatihan dengan tujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan kepada peserta pelatihan tentang teori dan praktik peralatan dan operasi perawatan sumur, kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengoperasian peralatan perawatan sumur dengan menggunakan peralatan unit Hoist,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kriteria pekerja yang mengikuti pelatihan ini adalah pekerja yang akan melakukan re-sertifikasi dan pekerja dengan minimal pendidikan dan pengalaman kerja yang cukup untuk mengikuti sertifikasi Perawatan Sumur.

“Selama dua hari pelatihan, peserta pelatihan mendapatkan materi tentang pengertian dan peralatan primary barrier dan double barrier apa saja killing method, chemical dan mud pump equipment-nya. Selain itu peserta juga mendapat materi tentang contoh prioritas perawatan sumur dengan terlebih dahulu mengetahui Potensi (bbl), Actual Production (bbl), Loss Production (bbl), dan lama perawatan sehingga nantinya dapat diperhitungkan sumur mana harus dirawat terlebih dahulu. Ditambah lagi pengetahuan tentang Rig Equipment and Fishing Tools, Surface and Subsurface Equipment, Completion Fluids, dan Well Control sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti setifikasi di LSP PPSDM Migas dengan lancar,” tutupnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image