Perilaku Konsumtif Kalangan Gen Z terhadap Kopi
Gaya Hidup | 2025-07-10 11:36:31Saat ini, ngopi bukan hanya sekedar minuman tapi sudah menjadi gaya hidup anak muda khususnya di kalangan gen z. minum kopi kini Identik dengan tren, dan aktivitas sosial tidak lagi hanya untuk kebutuhan energi atau teman begadang.Banyak juga para pelajar yang menyukai kopi dan mereka sering mengerjakan tugas sambil ngopi dan nongkrong di kedai kopi. mereka beranggapan bahwa kopi bukan hanya untuk menghilangkan ngantuk tapi juga untuk mencari suasana, hiburan, dan sebagai bentuk self reward. Dan menurut mereka ngopi sambil mengerjakan tugas juga bisa memunculkan ide-ide baru.
Suka kopi beneran atau cuma ikut tren?Nongkrong di cafe,foto gelas kopi terus upload ke Instagram kayaknya udah jadi rutinitas banyak orang. Bisa jadi itu untuk menambah keestetikan di Instagram mereka atau biar keliatan keren.Gen z cenderung tidak ingin ketinggalan tren minum kopi, terutama saat ada coffe shop baru atau minuman kopi viral. Banyaknya varian kopi kekinian mulai dari kopi susu, kopi instan mix, hingga cold brew menarik gen z untuk mencoba hal baru. tetapi gen z lebih menyukai kopi susu instan, es kopi susu dari kafe atau minimarket dan kopi dengan cita rasa kekinian.
Survei menunjukkan 66% gen z minum kopi setiap hari, dengan preferensi waktu minum di sore atau malam hari. Bagi sebagian gen z, minum kopi juga sebagai bentuk perawatan diri dan cara mengatasi stres. juga tidak keberatan kalau harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli kopi.Buka coffe shop bisa jadi peluang usaha yang oke banget.
Brand kopi dan coffee shop memanfaatkan media sosial, influencer, serta produk inovasi untuk menarik gen z. Jadi disarankan bagi pelaku usaha agar menyesuaikan dengan menu, harga yang wort it dan suasana kafe sesuai dengan preferensi gen z. Karena mereka suka berfoto dan memposting kopi dan tempat sekitar nya sebagai bagian dari eksistensi diri atau bisa menambah keestetikan di media sosial mereka. Coffe shop dan kafe juga menjadi tempat favorit untuk nongkrong, bekerja, mengerjakan tugas, atau bersosialisasi bukan sekadar membeli kopi.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
