Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Orang Gamers

Puasa Ramadhan Saat Covid19: Tips Sehat Saat Menjalani Puasa

Lomba | Saturday, 05 Mar 2022, 01:28 WIB
editing by pixellab

Ritizen.id - hai kak,tak lama 29 hari lagi kita sebagai umat muslim dari seluruh dunia tak lain Indonesia akan menjalankan ibadah puasa.

puasa ramadhan wajib hukum bagi umat muslim di mana firman Allah SWT yang tercantum di Al Qur'an surat Al-Baqarah ayat 183-184 berikut

surat Al-Baqarah ayat 184-184 dan artinya

Surah AL baqarah ayat 183يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Kandungan ayat
Perintah berpuasaTujuan berpuasa adalah agar menjadi orang yang bertaqwaIbadah puasa termasuk ibadah syar'un man qablanaa ( ibadah yang sudah ada pada umat sebelumny)

Al baqarah ayat 184أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya

(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
Kandungan ayat
Waktu pelaksanaan puasa wajib telah Allah tentukan yaitu pada bulan ramadhanOrang yang sakit dan dalam perjalanan boleh membuka puasa atau tidak berpuasa akan tetapi harus menggantikannya setelah bulan ramdhanBagi yang tidak sanggup menggantikannya seperti orang yang sudah terlalu tua maka harus membayar fidyahMembayar fidyah adalah memberi makanan untuk orang miskinPuasa sanggat banyak faedahnya jika kita mengetahuinya.

tahun ke 3 dimana umat muslim dari seluruh dunia tak lain Indonesia bakal berpuasa dengan covid 19 tetapi kali ini ada bedanya karna tren positif covid 19 sudah membaik. semoga tahun ini akhir dari pandemi dan menjadi endemi amin.

"saya sebagai penulis tulisan artikel ini menginformasikan untuk seluruh masyarakat Indonesia dan pembaca di retizen.id harus menjaga dan mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari terpapar, dari covid 19 biar pandemi di tahun ini menjadi endemi"

bagaimana cara nya biar pandemi menjadi endemi?

Pakai MaskerCuci TanganJaga Jarak Aman & Batasi MobilitasLakukan Vaksinasi

YUK Sehat Yuk sehat, ngomongin kesehatan disini ada tips nih soal menjaga kesehatan saat puasa ramadhan dan anda datang ke artikel yang tepat berikut :

tips sehat saat puasa Ramadhan bersama covid19 yang masih berlangsung berikut :

1. nutrisi sahur dan buka

sama seperti tahun sebelumnya nutrisi sahur dan buka puasa harus di diperhatikan. ketika puasa , tubuh harus mendapatkan nutrisi yang cukup agar tetap terjaga kesehatannya. informasi tambahan konsumsi air putih juga ya.

2. tidur yang cukup

meski terdengar sepele, waktu tidur yang cukup sangat berpengaruh pada imunitas tubuh lho. bila tidur kurang dan banyak bergadang akan mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk virus corona. jadi supaya kamu sehat saat berpuasa (tidur yang cukup)

3. batasi gula dan garamkarena konsumsi gula berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh. sementara untuk konsumsi garam sebisa mungkin hindari makanan/minuman pengawet.

4. stok makanan 1 minggu ke depantips menjelang ramadhan nanti sebaiknya stok makanan pokok yang bisa dimasak untuk 1 minggu ke depan ya bun, untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri dan juga keluarga bunda lho.

5. hindari makan dan minum di luar rumahkarena tradisi buka bersama (bukber) biasanya akan terjadi kerumunan hingga beberapa orang, sehingga sangat beresiko tinggi terpapar covid19, jadi usahakan makan di rumah.

6. sudah vaksinasi

tujuan nya adalah untuk kekebalan tubuh sehingga rantai penularan bisa terputus secepatnya.

baca juga ini : https://www.barutren.my.id/2022/02/waspada-covid-varian-omicron-di.html

penutupterimakasih #lombanulis #ramadansehat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image