Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Menebar Virus Literasi, Guru MTsN 3 Bantul Tak Lelah Terus Berbagi

Eduaksi | Friday, 18 Feb 2022, 23:31 WIB

Predikat yang disandang Guru MTsN 3 Bantul Drs. Sutanto sebagai Penulis dan Penggerak Literasi Nasional yang didapatnya dari Kemenag RI akhir 2021 lalu tidak membuatnya terlena dan berhenti berkarya. Namun dirinya tetap terus beraktivitas di dunia literasi. Hal itu dikatakannya, Jumat (18/2/2022).

Ada dua agenda yang akan dilakoni dalam waktu dekat, pertama yakni menjadi narasumber Webinar Literasi “Membumikan Tradisi Membaca dan Menikmati Asyiknya Menulis” Bersama Blogger Peraih Penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award, Siska Yuniati, M.Pd, Selasa (22/2/2022). Kegiatan ini diselenggarakan menyambut HAB ke-54 MTsN 3 Bantul.

Sedangkan agenda kedua narasumber Workshop Menulis Buku di Universitas Hotel (Hotel UIN) Yogyakarta, Sabtu (26/2/2022) dirinya akan memaparkan tentang Tips & Trik Menulis Buku, Bersama Pembina Komed DIY, Giyoto, M.Pd

Sesuai dengan komitmennya untuk selalu berbagi karya, Sutanto berbagi buku di beberapa tempat, seperti berbagi buku “Menebar Rasa” kepada Motivator Nasional dari Magelang Fuzna Marzuqoh. dan Waka Kurikulum SMAN 1 Bantul, Yanti Widjiastuti, M.Hum.

Sutanto juga menyampaikan buku “Ada Cerita Bersama Pramuka” kepada Bunda Literasi Kabupaten Bantul, Hj. Emi Masruroh, S.Pd.

Kepada Kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, S.Pd.Si, dirinya juga menyampaikan Jurnal Pendidikan ZEA dan Majalah AIKO terbitan Komunitas Yuk Menulis (KYM).

Sugeng Muhari menyambut baik apa yang dilakukan Sutanto karena sangat bermanfaat dan mendukung program literasi di madrasahnya.

“Saya atas nama madrasah mengucapkan terimakasih atas sumbangan majalah dan jurnal ini. Keduanya sangat bermanfaat untuk melengkapi buku yang ada di perpustakaan,” terang Sugeng.

Di sela-sela menghadiri Sosialisasi RKAS SD Bonggalan, Kamis (17/2/2022) Sutanto yang juga merupakan pengurus dewan sekolah, dia juga berbagi buku “Fabel Islami” kepada Kepala SD Bonggalan, Subinah, M.Pd dan Buku “Prada Aksara” kepada Pengawas Wilayah Kapanewon Sanden Titik Prihatin, M.Pd.

Dirinya berharap dengan langkahnya tersebut dapat mendorong warga masyarakat termasuk siswa dan guru di sekolah untuk bersama-sama bergerak mendukung program Gerakan Literasi Nasional.

Menanggapi buku sumbangan tersebut Subinah sangat berterimakasih demi kemajuan sekolahnya.

“Kami sangat tertarik dengan buku fabel ini, semoga kedepan siswa dan guru disini bisa dibimbing dan bisa menerbitkan buku,” harap Subinah.

Senada dengan Subinah, Titik Prihatin juga mengapresiasi buku yang diterimanya berupa kumpulan geguritan. Buku tersebut menggelitiknya untuk segera bisa menerbitkan buku.

“Saya kok merasa tertarik dengan buku yang ditulis Pak Tanto ini. Semoga sayapun bisa menulis seperti dia,” ujarnya sambil tersenyum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image