Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ade Lukmana

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe

Gaya Hidup | Wednesday, 09 Feb 2022, 18:29 WIB
Kain Moss Crepe

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bahan Moscrepe - Mungkin kamu sedang ingin membuat busana muslimah dengan menggunakan bahan kain yang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu rekomendasinya adalah kain moscrepe, ada banyak ragam busana yang menggunakan bahan dasar moscrepe ini.

Baca Juga : Contoh Gamis Bahan Moscrepe Premium

Hal tersebut disebabkan karena kain moscrepe ini memiki karakteristik dan tekstur kain yang unik bila di bandingkan dengan jenis kain lainnya.

Apa Itu Kain Mosrepe?

Bahan kain moscrepe merupakan jenis kain yang termasuk dalam kategori crepe, yang memiliki tekstur permukaan kainnya seperti butiran pasir atau kulit jeruk.

Bila dilihat sekilas kain ini tampak kasar, padahal bila kamu sentuh kamu akan merasakan tekstur kain yang lentur, halus di telapak tangan.

Baca Juga : Tidak Sekadar Menutup Aurat, Ini Dia Rumus 7T Syarat Pakaian Syar'i Itu

Bahan moscrepe ini dibuat menggunakan serat rayon dan dibuat atau di tenun menggunakan mesin tenun dobby, yaitu tenun motif yang di perkenalkan pada tahun 1840.

Mengenal Kelebihan Dari Kain Moscrepe

Jenis kain ini memiliki permukaan kain yang berpasir atau bila dilihat sekilas seperti tampilan dari kulit jeruk. Ada beberapa kelebihan dari kain moscrepe ini yang tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya.

Oleh sebab kelebihannya itu, banyak busana perempuan yang menggunakan bahan dasar kain moscrepe ini.

Dibawah ini beberapa keunggulan dari bahan moscrepe yang perlu kamu ketahui.

1. Bila dibandingkan dengan jenis kain crepe lainnya, kain moscrepe masih sama ketebalannya tetapi memiliki bobot yang ringan.

2. Selain itu kain ini memiliki serat yang rapat membuat kain ini tidak menerawang, jadi cocok buat bahan dasar busana muslimah.

3. Kain ini juga tidak menempel pada kulit dengan karakter kain yang jatuh, sangat cocok untuk menutupi lekuk tubuh.

4. Bahan crepe biasanya hanya lentur ke satu arah saja yaitu vertikal atau horizontal, berbeda dengan moscrepe yang yang bisa lentur kemana saja.

5. Sensasi butiran pasir pada permukaan kain ini terasa kasar dan lembut diwaktu bersamaan.

6. Harga untuk bahan kain ini juga cenderung terjangkau, buat kamu yang ingin membuat pakaian dengan bahan dasar moscrepe.

7. Selanjutnya jenis kain ini tidak mudah kusut karena teksturnya akan dengan cepat menyamarkan, walau tanpa di setrika kain ini akan terlihat rapih.

8. Ada banyak pilihan warna yang cantik dan elegan, sebab kain ini mampu mengikat warna dengan baik.

Mengenal Kekurangan Kain Moscrepe

Setelah mengetahui sejumlah keunggulan yang ada pada jenis kain moscrepe selanjutnya kamu harus mengetahui juga kekurangannya.

Dibawah ini ada beberapa kekurangan yang ada pada bahan kain moscrepe yang perlu kamu ketahui.

1. Bila memilih kain moscrepe yang berwarna putih biasanya bahannya akan sedikit menerawang, oleh sebab itu bisa kamu akali dengan tambahan furing bila ingin membuat pakaian.

2. Kain moscrepe ini memiliki kekurangan dalam hal tahan terhadap termperatur yang tinggi, maka waktu menyetrika pakaian dengan bahan ini kamu bisa melapisinya dengan kain lain dan suhu strika di yang paling rendah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bahan moscrepe, semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang sedang mencari bahan kain untuk dijadikan busana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image