Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Mengenal Baju Khusus Pekerja Tambang, Berikut Ulasannya

Info Terkini | Monday, 24 Jan 2022, 21:47 WIB

Saat ini hampir semua perusahaan mewajibkan seragam bagi pegawainya. Terlebih bagi perusahaan yang memperkerjakan pegawai pada area tambang, maka agar pengawas dapat memantau para pekerja apakah dalam kondisi yang baik, maka penggunaan seragam diperlukan.

Bagi pekerja tambang maka baju seragam juga menjadi pelindung bagi mereka dari kecelakaan kerja maupun paparan sinar matahari maka desain yang diperlukan adalah seragam yang memudahkan mereka dalam bekerja.

Kita mengenal wearpack yang merupakan pakaian bagi keselamatan kerja. Atau yang lebih dikenal dengan baju lapangan atau baju mekanik, baju bengkel maupun baju proyek. Secara garis besar maka wearpack merupakan pakaian atau seragam yang dapat berfungsi untuk melindungi pekerja terutama pekerja tambang atau sebagai alat pelindung diri atau APD.

Pakaian wearpack saat ini disesuaikan baik warna maupun bahan yang cocok digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Dengan model yang sesuai menggunakan warna yang jelas terlihat atau high visibility serta reflektor yang dapat memantulkan cahaya dalam kondisi remang atau gelap. Kondisi ini membuat pakaian lebih aman karena mudah terlihat serta sesuai bagi pekerja tambang.

Urgency akan pakaian keselamatan

Kecelakaan yang terjadi pada area tambang terkadang muncul karena faktor dari pekerja maupun faktor alam. Namun efek kecelakaan dapat diminimalkan jika pakaian atau baju perusahaan tambang yang digunakan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Maka hal ini memang menjadi sesuatu yang wajib menjadi perhatian khusus.

Kegunaan khusus seragam tambang

Pada dasarnya baju tambang bagi pekerja tambang memiliki fungsi yang sama dengan lainnya. Namun yang membedakan adalah harus berbahan ekstra nyaman dengan segala jenis cuaca dan memenuhi kriteria akan faktor keamanan dalam bekerja di lapangan. Hal ini tentu saja guna meminimalkan jika terjadi kecelakaan. Maka perlindungan yang dilakukan melalui seragam yang dibuat juga harus maksimal.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image