Peran Media Dalam Perpolitikan

Image
Raka Yudi Setra
Politik | Sunday, 23 Jan 2022, 22:00 WIB
Sumber Photo : Pixabay

Oleh : Raka Yudi Setra

Mahasiswa Ilmu Politik FISIP UMJ

Saat ini dengan perkembangan zaman yang sangat pesat, baik dalam bidang teknologi, transportasi dan internent. Perkembangan teknologi ini semakin memudahkan kita semua untuk menggali informasi ataupun menyampaikan segala aspirasi. Salah satunya yaitu adalah media, peran media saat ini memiliki arti penting bagi setiap orang. Media merupakan sarana, saluran resmi, ranah untuk semua orang dimuka bumi ini Serta sarana penyebaran berita dan informasi kepada masyarakat luas.

Perkembangan Media di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Setelah mamasuki era reformasi, sistem demokrasi Indonesia sudah mulai terbuka. Fakta yang membuktikan bahwa hal ini berdampak sangat besar untuk kebebasan pers. Organisasi sosial politik Indonesia mulai bersaing memperebutkan dominasi perusahaan media untuk meningkatkan citra mereka di mata publik. Elite politik berupaya memperkuat komunikasi politik guna menarik simpatisan dari seluruh masyarakat, alasan yang banyak dicari orang adalah karena memiliki kekuatan untuk membentuk opini publik.

Transformasi politik menjadi bagian dari kontribusi media. Saat ini media memiliki kontribusi besar dalam membangun pemahaman masyarakat hingga perilaku politik sekitar. Dalam merespons perubahan politik pasca Orde Baru, sebagian pekerja media menghadapi realitas politik yang penuh dinamika. Kondisi demikian melahirkan perubahan politik di kalangan masyarakat. Salah satu faktor determinan adalah publikasi media yang memberitakan transformasi politik dan pers memiliki kebebasan berekspresi sehingga dalam pemberitaannya cenderung independen. Hal ini yang melatari terjadinya perubahan perilaku politik masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia.

Berbagai persoalan yang mengiringi pola dan intensitas berpolitik di kalangan yang dilatari dari besarnya pengaruh media massa. Mencermati berbagai tayangan media yang bermuatan media terutama yang bermuatan politik mengalami proses dekonstruksi terjadi melalui proses penafsiran kemudian menjadi realitas sosial baru dalam kesadaran umum melalui tahap eksternalisasi, subjektifikasi, dan internalisasi yang berlangsung dalam proses konstruksi sosial media dalam media.

Salah satu elemen demokrasi adalah kebebasan pers yang kelak membangun kesadaran politik masyarkat. Kontribusi media cukup signifikan terhadap konstruk kesadaran, pemahaman dan perilaku politik masyarakat, termasuk kehadiran media yang turut mempengaruhi perilaku politik Berbagai persoalan yang mengiringi pola dan intensitas berpolitik di kalangan yang dilatari dari besarnya pengaruh media.

Peran media sangatlah penting dalam kehidupan politik, karena peran media sebagai penyalur politik yang sangat kuat. Saat ini kita sering melihat bahwa media digunakan sebagai alat untuk mengupayakan ideologi dan kepentingan kelompok tetentu, bagaimana media membangun realitas sosial yang ada serta membangun konten yang berisikan berita. Kita semua melihat dengan jelas kemana arah media dan di mana semua pihak mendukung atau menentang suatu pemberitaan tertentu.

Media tidak hanya menjadi bagian integral dari politik, tetapi juga memiliki posisi yang sentral dalam politik. Rancangan kebijakan harus disebarluaskan agar rakyat mengetahui dan ikut mendiskusikannya dalam berbagai bentuk forum diskusi publik. Tuntutan atau aspirasi masyarakat yang beraneka ragam harus diartikulasikan. Semuanya membutuhkan saluran atau media untuk menyampaikannya. Media merupakan saluran komunikasi politik yang banyak digunakan untuk kepentingan-kepentingan seperti ini.

Pesan politik melalu media akan sangat kuat mempengaruhi perilaku politik masyarakat. Pentingnya perilaku politk dalam menunjang keberhasilan pembangunan politik tampak dari perhatian ilmuwan politik yang tetap besar terhadap masalah ini. Asumsi umum menunjukkan bahwa demokrasi dapat dipelihara dan dipertahankan karena terdapat partisipasi warga negara yang aktif dalam urusan kewarganegaraan. Partisipasi aktif mereka dalam kehidupan politik tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan informasi, dan saluran atau media yang paling efektif untuk penyebaran informasi adalah media.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Anak satu-satunya dari seorang bidadari tak bersayap yang mempunyai wajah indah dan mempesona

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

RUTAN KELAS IIB MAMUJU KEMBALI TERIMA TAHANAN BARU

Image

Tunggal Putra Tak Tersisa, 7 Wakil Indonesia ke Semifinal dan Pastikan Sumbang medali SEA Games 2021

Image

Kalapas Brebes Libatkan Warga Binaan Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Image

Gus Lur Silaturahmi dengan Para Tokoh Sijunjung

Image

Senja Tersipu

Image

Tere Liye: Selena dan Akademi Bayangan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image