Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafa Kaisha

Komunikasi Pemasaran Teh Botol Sosro Studi Kasus pada Locals Unite

Bisnis | Wednesday, 10 Jul 2024, 13:22 WIB

TEH BOTOL SOSRO, teh siap minum pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT Sinar Sosro dan dijual ke seluruh dunia. Nama Sosro diambil dari nama pendirinya, Sosrodjojo. Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di Slaw, Jawa Tengah pada tahun 1940, usaha tersebut dimulai dari ayah Sosrodjojo yang memiliki perkebunan teh. Karena permasalahan turunnya harga daun teh yang dipanennya, Sosrodjojo akhirnya mencoba memasarkan teh versi lain yaitu teh kering dalam kemasan siap pakai, memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merek asli Teh Cap Botol. Pemasaran Teh Cap Botol diperluas ke wilayah Jakarta karena keberhasilannya dan banyaknya masyarakat yang mengenal merek besar Teh Cap Botol di Jawa Tengah. Pembotolan teh dengan tutup botol merupakan strategi yang sangat menarik bagi konsumen karena konsumen dapat langsung meminumnya tanpa harus menunggu proses pembuatan teh yang memakan waktu lama.

Produk Sosro merupakan salah satu produk teh yang menawarkan produk berkualitas tinggi untuk menciptakan minat beli konsumen karena merupakan minuman teh bebas bahan pengawet. Tehbotol Sosro telah menjadi sebuah perusahaan minuman besar yang promosinya kini dilakukan tidak hanya dengan mencicipi saja, namun juga dengan menayangkan iklan di berbagai stasiun televisi, di Internet, dan di berbagai acara besar maupun kecil. Selain itu website milik Tehbotol Sosro juga dibuat semenarik dan sejelas mungkin bagi konsumen yang ingin mengetahui tentang Tehbotol Sosro dan PT. Sinar Sosro PT juga menerapkan berbagai strategi pemasaran seperti promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, periklanan, penjualan personal, pemasaran langsung, media interaktif dan sponsorship.

Tehbotol Sosro kini bekerja sama dengan Locals Unite untuk memberikan manfaat bersama. Tehbotol Sosro memilih tiga kategori untuk menggali potensi merek lokal untuk menjadi merek ikonik Indonesia berikutnya. Kategori ini dibagi menjadi pakaian, fandB dan seni. Menggabungkan pengalaman Tehbotol Sosro dengan sejarah panjang dan pola pikir inovatif anak muda. “Membawa Merek Lokal ke Tingkat Berikutnya”, sebuah gerakan kolaborasi yang diciptakan oleh Tehbotol Sosro dan Locals Unite, peluncuran gerakan ini dapat memberikan dukungan penuh kepada merek lokal dan membantu merek lokal menjadi ikon Indonesia berikutnya.Dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Tehbotol Sosro meluncurkan 16 paket rancangan khusus hasil karya para pemenang lomba desain Tehbotol Sosro. Mengusung tema “Bangga Budaya Asli Indonesia”, paket yang dirancang khusus ini mengungkapkan kebanggaan terhadap budaya Indonesia yang disampaikan melalui gambar-gambar kreatif. Pameran Ilustrator Bangga Budaya Asli Indonesia menampilkan lebih dari 1.000 karya ilustrator peserta Kompetisi Desain Tehbotol Sosro. Sejak tahun 2020, Tehbotol Sosro selalu memperkenalkan paket desain khusus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan Tehbotol Sosro merupakan kelanjutan dan penggabungan gerakan koperasi Tehbotol Sosro dengan organisasi #LokulojuUnuiĝi.Selain pameran 15 pemenang dan satu karya dari Yesslow, Tehbotol Sosro akan memamerkan lebih dari 1.000 karya peserta desain tahun 2023, serta beberapa karya dari tahun 2021 dan 2022. Selama pameran, Tehbotol Sosro akan mengundang semua kontestan para pemenang akan datang ke Jakarta untuk mendiskusikan aspirasinya terhadap industri seni rupa untuk promosi. Tehbotol Sosro merupakan teh siap minum dalam botol kaca pertama yang diproduksi oleh PT Sinar Sosro di Indonesia dan dunia. Produk ini lahir pada tahun 1969 dengan ide menjual teh siap minum dalam botol kaca di Jakarta. Tehbotol Sosro saat ini tersedia dalam berbagai macam botol kaca, botol plastik, tetra pack dan kaleng. Kemasan botol kaca Tehbotol Sosro telah mengalami tiga kali perubahan desain botol dan logo yaitu pada tahun 1969, kemudian pada tahun 1972 dan terakhir yang masih dapat dijumpai di pasaran saat ini adalah kemasan tahun 1974.

#LocalUnite

adalah sebuah kolaborasi yang saling memberi manfaat. Teh Botol Sosro dan para

pencipta, inovator, dan wirausahawan muda dapat saling belajar dan saling

mengisi. Dengan menyatukan pengalaman Tehbotol Sosro yang memiliki sejarah yang

panjang dan cara berpikir anak muda yang inovatif, harapan Tehbotol Sosro dan

merek-merek lokal dapat memberikan hasil kolaborasi yang dapat dibanggakan,

setara atau bahkan lebih baik dari produk berstandar global. Kolaborasi

#LocalsUnite antara Tehbotol Sosro dapat dikategorikan ke dalam dua Promotion

Tools, yaitu Primary Tools of Promotion dan Secondary Tools of Promotion.

1. Primary Tools of Promotion

a. Public Relations (PR)

Kolaborasi ini bertujuan untuk membangun citra merek yang positif dan meningkatkan brand awareness Tehbotol Sosro. Local Unite merupakan platform yang tepat untuk menjangkau target konsumen muda dan kreatif, yang merupakan segmen pasar penting bagi Tehbotol Sosro.

b. Sales Promotion

Kolaborasi ini juga dapat dikategorikan sebagai Sales Promotion karena bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk Teh Botol Sosro. Melalui kolaborasi ini, Teh Botol Sosro dapat menjangkau konsumen baru dan memperluas pangsa pasarnya.

2. Secondary Tools of Promotion

a. Sponsorship

Tehbotol Sosro bertindak sebagai sponsor bagi Local Unite, platform yang menampung dan mempromosikan brand-brand lokal. Sponsorship ini membantu Tehbotol Sosro untuk meningkatkan brand awareness dan citra mereknya sebagai brand yang mendukung UMKM dan produk lokal.

b. Event dan Aktivasi

Tehbotol Sosro dan Local Unite sering mengadakan event dan aktivasi bersama, seperti workshop, pameran, dan kompetisi. Event-event ini bertujuan untuk mendekatkan diri dengan konsumen, membangun engagement, dan mempromosikan produk Tehbotol Sosro dan brand-brand lokal yang tergabung dalam Local Unite.

Kolaborasi #LocalsUnite memiliki beberapa tujuan utama, yaitu memberikan manfaat bagi kedua pihak, Tehbotol Sosro dapat belajar dari cara berpikir inovatif anak muda, sedangkan para pencipta, inovator, dan wirausahawan muda dapat mendapatkan dukungan dan pengalaman dari Tehbotol Sosro. Menciptakan produk-produk baru yang inovatif dan berkualitas. Dengan menggabungkan pengalaman dan ide-ide segar, Tehbotol Sosro dan para kolaboratornya diharapkan dapat menghasilkan produk-produk baru yang lebih menarik bagi konsumen. Kolaborasi ini dapat membantu meningkatkan brand awareness Tehbotol Sosro di kalangan anak muda dan memperkuat citra mereknya sebagai brand yang inovatif dan mendukung kemajuan UMKM. Membangun komunitas yang kuat antara Tehbotol Sosro, para pencipta, inovator, dan wirausahawan muda, serta konsumen. Kolaborasi #LocalsUnite diharapkan dapat memberikan hasil yang positif dan bermanfaat bagi semua pihak. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Tehbotol Sosro untuk terus berinovasi dan mendukung kemajuan brand-brand lokal di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image