Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nimatul aliyya

Digitalisasi Pegadaian Syariah: Transformasi Layanan

Ekonomi Syariah | Wednesday, 03 Jul 2024, 14:42 WIB
Logo Pegadaian Syariah Digital from: google playstore

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan dapat dikatakan bahwa kini kita memasuki Era Society 5.0 dimana teknologi tidak hanya digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga untuk mengatasi berbagai tantangan sosial maupun ekonomi masyarakat. Oleh karena itu Pegadaian Syariah hadir untuk mengatasi solusi ekonomi dengan digitalisasi layanan Pegadaian Syariah.

Apa itu Pegadaian Syariah?

Pegadaian Syariah adalah layanan gadai yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, yang di mana tidak mengenal riba. Pegadaian Syariah merupakan salah satu unit usaha dari PT Pegadaian (Persero) yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan dana cepat dengan cara yang aman dan halal.

Digitalisasi Pegadaian Syariah

Pegadaian Syariah, sebagai lembaga keuangan syariah terkemuka di Indonesia, terus berinovasi dalam mengembangkan produk dan layanannya. Hal ini sejalan dengan perkembangan era digital yang membuka peluang baru bagi bisnis syariah. Inovasi produk Pegadaian Syariah tidak hanya memberikan manfaat bagi nasabah, tetapi juga membuka peluang baru bagi pengembangan bisnis syariah secara keseluruhan.

Pegadaian Syariah mulai melakukan digitalisasi pada tahun 2018, yaitu dengan meluncurkan aplikasi “Pegadaian Syariah Digital” yang dapat diunduh di Google Playstore dan App Store. Layanan yang diberikan oleh aplikasi Pegadaian Syariah Digital adalah Taksiran gadai, pengajuan gadai, pelacakan status gadai, pembayaran angsuran. Dengan menciptakan aplikasi ini maka Pegadaian Syariah dapat memudahkan masyarakat yang rumahnya dipelosok daerah dan tidak terjangkau kantor cabang pegadaian syariah. Selain itu aplikasi ini juga memudahkan proses transaksi lebih cepat dan transparan.

Selain sebagai solusi masyarakat, Pegadaian Syariah juga memberikan peluang bagi Pegadaian Syariah untuk menciptakan produk dan layanan baru yang inovatif dan digitalisasi juga dapat digunakan untuk meningkatkan literasi keuangan syariah di masyarakat agar lebih meningkat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image