Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Penyimpanan Data Dalam Transfer di Crypto

Eduaksi | Monday, 06 May 2024, 21:39 WIB

Saat ini tidak dapat dihiraukan lagi ketika teknologi semakin berkembang dari hampir seluruh komponen aspek. Salah satu aspek dalam kehidupan yang saat ini dapat tergantikan oleh teknologi yaitu uang. Uang menjadi alat tukar dengan barang maupun jasa yang kita inginkan. Sehingga, semua orang pasti membutuhkan uang untuk dapat bertahan hidup. Tetapi, apa jadinya jika uang yang setiap harinya dipakai oleh manusia dapat tergantikan dengan “uang yang baru”?. Saat ini Crypto semakin eksis di dunia, banyak Sebagian masyrakat berbondong-bondong untuk terjun dengan Crypto. Dilansir dari web Kementrian Keuangan Indonesia, Crypto adalah mata uang virtual dengan menjamin keamanan dan tidak terikat oleh pusat seperti bank. Lalu, bagaimana Crypto dapat menyimpan data pengguna?

Crypto menggunakan system Blockchain, dimana sistem ini tidak terpusat oleh satu lembaga/perusahaan tertentu. Blockchain tersebar dibanyak komputer sehingga dinamakan sistem desentralisasi. Yang perlu diketahui adalah penggunaan dalam Cryoptocurrency tidak menampilkan data diri pengguna atau dapat dikatakan penggunaan bersifat anonim. Ketika melakukan transfer, pengguna akan membutuhkan sandi untuk memastikan apakah uang tersebut berhasil untuk ditransfer atau tidak. Pembuatan kode segelan tersebut dapat dibilang susah karena harus mencocokkan beberapa angka yang nantinya harus memunculkan kode kombinasi kata dan angka yang telah disepakati sebelumnya dan membutuhkan waktu dan tenaga. Proses ini disebut Mining. Setiap orang yang mengetahui kode segelan tersebut dapat menerima uang imbalan.

Jadi, penggunaan data transaksi dalam Crypto tidak sepenuhnya terjaga karena terdapat beberapa orang yang dapat mengakses kode transaksi, ini mungkin dapat merugikan pengguna. Bijaklah untuk menggunakan suatu teknologi karena itu justru akan membawa kebangkrutan.

Ditulis oleh Adrina Firda Marwah Mahasiswa Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga

Daftar Pustaka :

Hidayah, Ayu Liestianingsih. (2023, 11 April). Yuk, Berkenalan dengan Kripto!. Di akses pada 2 Maret 2024, https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-tangerang1/baca-artikel/16059/Yuk-Berkenalan-dengan-Kripto.html

Tech In Asia ID. (2018, 10 Februari). Bagaimana Cara Blockchain Bekerja? | Tech in Asia ID. [Video]. YouTube. https://youtu.be/o1ugNnMyeZc?si=KOK3PD_ub0jYuGKr

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image