Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aiman Destra

Tantangan dan Peluang Investasi di Era Digital

Bisnis | Thursday, 18 Apr 2024, 22:46 WIB
Sumber: https://www.kompasiana.com/rintoadip7021/64992b304addee1d87544162/bagaimana-peluang-investasi-indonesia-di-era-globalisasi

Oleh: Aiman Destra Jubran (Mahasiswa Universitas Brawijaya Departemen IE FEB UB)

Saat ini teknologi digital semakin berkembang hingga ke tahap yang lebih maju. Di era sekarang ini telah mengubah banyak gaya hidup kita termasuk dalam hal transaksi dan pembayaran yang semua sudah bisa dilakukan secara online. Kita masyarakat sekarang harus mengikuti teknologi saat ini termasuk dalam hal investasi. Investasi sekarang sangat banyak diminati oleh anak muda karena mereka berpikir mudah mendapat provit dalam waktu yang singkat.

Di zaman kita yang terhubung secara digital, investasi telah menjadi semakin menarik dan mudah diakses bagi banyak orang. Investasi pada dasarnya adalah cara untuk menempatkan uang di tempat tertentu dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Namun, apa yang membuat investasi pada era digital berbeda adalah adanya teknologi.

Teknologi telah mengubah cara kita berinvestasi. Dulu, orang harus pergi ke bank untuk melakukan investasi, tetapi sekarang dapat melakukan investasi dengan beberapa klik melalui aplikasi di ponsel pintar. Selain itu, teknologi telah membuka pintu bagi jenis investasi baru, seperti cryptocurrency atau startup teknologi.

Tantangan Investasi di Era Digital

Tantangan investasi di era digital sekarang menjadi suatu hal yang tak terduga, di mana gelombang teknologi dan perubahan pasar terus menerus merambat sangat cepat. Dulu, berinvestasi mungkin terasa lebih sederhana, tetapi sekarang dengan semakin banyaknya opsi digital, ada banyak hal baru yang perlu dipertimbangkan.

1. Perubahan Harga yang Cepat:

Harga investasi seperti cryptocurrency atau saham teknologi bisa naik dan turun sangat cepat. Ini membuat sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi dan membuat investasi yang aman.

2. Teknologi yang Sulit Dimengerti:

Beberapa jenis investasi membutuhkan pemahaman tentang teknologi baru seperti blockchain atau kecerdasan buatan. Ini bisa sulit untuk dipahami bagi banyak orang.

3. Banyaknya Informasi:

Ada begitu banyak informasi tentang investasi di internet sehingga bisa sulit untuk mengetahui mana yang penting dan mana yang tidak. Terlalu banyak informasi bisa membuat bingung daripada membantu.

Peluang Investasi di Era Digital

1. Investasi dalam mata uang digital seperti Bitcoin, Ethereum. Dengan begitu kita dapat membeli dan menyimpan cryptocurrency untuk jangka panjang atau melakukan perdagangan harian untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga.

2. Berinvestasi dalam saham perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Amazon, atau Apple. Perusahaan-perusahaan ini sering menawarkan pertumbuhan yang cepat dan peluang untuk mendapatkan keuntungan dari inovasi teknologi.

3. Melakukan P2P Lending yaitu kita bisa menggunakan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image