Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Noor Fuadi

Mahasiswa PMM UMM Melakukan Aksi Nyata Untuk Lingkungkan Bersih dan Sehat Melalui Sistem Pengelolaan

Eduaksi | Wednesday, 20 Mar 2024, 14:06 WIB

Salam sejahtera untuk kita semua. 5 Mahasiswa UMM telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di desa Wonorejo kecamatan Singosari kabupaten Malang. Kegiatan ini menjadi penerapan dari salah satu tri dharma dari perguruan tinggi yaitu pengabdian serta pengembangan kemampuan dari mahasiswa itu tersendiri dalam lingkungan lembaga pendidikan dan masyarakat, kegiatan PMM ini di bawah bimbingan Bapak Mochamad Aan Sugiharto, M. Sosio. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dalam kelompok 11 Gelombang 06 terdiri dari 5 Anggota diantaranya Nur Indah Azura selaku Koordinator , Farrah Rahma Hakim selaku Sekretaris, Laily Syifa Idrus selaku Bendahara, Fathoni Arya Reswara selaku PDD, Muhammad Noor Fu’adi selaku Perlengkapan. PMM kelompok ini memiliki tema "mewujudkan aksi nyata untuk lingkungkan bersih dan sehat melalui sistem pengelolaan sampah cerdas". Diambil nya tema tersebut agar menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

Pada kegiatan pmm ini mengikut sertakan dari anak kecil hingga orang tua di desa Wonorejo. dengan 2 kegiatan yang pertama mengadakan edukasi kepada anak” di desa wonorejo tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan langkah awal yaitu membuang dan memilah sampah sesuai dengan tempatnya. para mahasiswa juga mengadakan lomba memilah sampah bersama anak anak di desa wonorejo. Jadi para anak-anak akan dikumpulkan di rumah pak Pairi (ketua RT. 02) kemudian diberikan materi edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan langkah awal yaitu membuang dan memilah sampah sesuai dengan tempatnya. pada saat materi selesai, ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh para mahasiswa untuk anak-anak yang memperhatikan. dan jika mereka bisa menjawab maka mereka akan mendapatkan hadiah.

Kemudian kegiatan yang kedua mengadakan edukasi kepada warga di desa wonorejo tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan langkah awal yaitu membuang dan memilah sampah sesuai dengan tempatnya. jadi para kepala rumah tangga dari RT.02 akan dikumpulkan di rumah pak RT.02 (pak Pairi) dan akan dilakukan sesi penjelasan kegiatan dan sesi tanya jawab agar dapat membantu keluhan-keluhan warga terhadap limbah rumah tangga. dalam kegiatan ini para mahasiswa juga mengadakan kegiatan kerja bakti bersama warga dan dibantu oleh pihak DLH untuk membersihkan sampah di sekitar jurang di desa wonorejo dan kerja bakti tersebut dilakukan sebanyak 2 kali.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image