Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Penurunan Berat Badan Jadi Hal Krusial bagi Mereka yang Akan Mendapatkan Transplantasi Ginjal

Info Sehat | Thursday, 14 Mar 2024, 19:23 WIB
Obesitas jadi kendala untuk menjalani transplantasi ginjal. Foto: Kurhan/Shutterstock via medical.net.

OPERASI penurunan berat badan dapat membantu pasien yang berjuang melawan obesitas dan gagal ginjal memenuhi syarat untuk mendapatkan transplantasi yang menyelamatkan nyawa. Demikian lapor sekelompok peneliti.

Obesitas adalah alasan utama selama ini mengapa beberapa pasien ginjal ditolak untuk menjalani transplantasi.

"Namun operasi penurunan berat badan tidak hanya membantu mengurangi berat badan pasien ke tingkat di mana mereka dapat menerima transplantasi dengan aman, namun juga mengatasi masalah kesenjangan layanan kesehatan yang lebih luas, khususnya yang mempengaruhi individu berkulit hitam dan berpenghasilan rendah,” jelas penulis penelitian, Dr. Anil Paramesh, yang memimpin program transplantasi ginjal dan pankreas di Fakultas Kedokteran Universitas Tulane di New Orleans.

Penelitian ini memantau 183 pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir dari Januari 2019 hingga Juni 2023.

Tiga puluh enam orang menjalani operasi penurunan berat badan dan 10 orang kemudian menerima transplantasi ginjal.

Rata-rata, pasien yang menjalani kedua prosedur tersebut mengalami penurunan indeks massa tubuh (perkiraan lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan) sebesar 27% saat mereka menjalani transplantasi. Mereka juga memiliki kontrol yang lebih baik terhadap tekanan darah tinggi dan diabetes.

Dengan kemajuan seperti ini, prospek transplantasi menjadi jauh lebih baik.

“Kami telah melihat bahwa operasi bariatrik bukan hanya tentang penurunan berat badan,namun secara signifikan memperbaiki kondisi serius lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan sleep apnea,” kata Paramesh.

Meskipun program ini menawarkan jalan ke depan bagi pasien yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi, Paramesh mencatat bahwa program ini memiliki tingkat drop-off yang tinggi. Beberapa pasien tidak dapat menjalani operasi, yang lain tidak bersedia melakukannya.

Selain itu, beberapa diantaranya mengalami komplikasi seperti tekanan darah rendah setelah operasi penurunan berat badan.

“Temuan kami menunjukkan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pendidikan dan dukungan pasien, memastikan bahwa calon pasien memahami manfaat operasi penurunan berat badan dan perannya dalam meningkatkan kelayakan mereka untuk transplantasi,” tegas Paramesh.***

Sumber: United Press International

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image