Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arijal abdurrahman

Zakat Menjadi Strategi Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Eduaksi | Thursday, 07 Mar 2024, 06:51 WIB

Arrijal Abdurrahman

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Depok, Bojongsari

Zakat merupakan salah satu strstegi untuk membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu, salah satunya masyarakat muslim. Banyak juga ayat ayat dalam ayat suci alquran yang menyebutkan dan menjelaskan tentang zakat. Pengertian zakat secara lengkap adalah zakar merupakan suatu praktik ibadah yang mana zakat tersebut merupakan 2,5% harta dari harta seorang muslim yang berkecukupan atau lebih yang diberikan kepada orang orang yang telah ditetapkan layak dalam menerima zakat tersebut. Salah satu ayat yang menjelaskan tentang zakat ialah Q.S At-taubah ayat 103 :

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya :

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Dari ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan juga bahwa selain membantu ekonomi masyarakat zakat juga dapat membersihkan harta harta yang kita miliki, bahkan bagi orang yang berzakat maka Allah SWT akan memberikan lebih harta bagi pemberinya. Maka dari itu islam mewajibkan setiap muslim untuk membayar zakat. Dengan orang orang yang mampu terus membayar zakat yang mana dengan takaran yang mereka dapat. Maka, akan semakin banyak pula masyarakat yang terbantu dan tertolong. Dengan begitu, angka kematian yang ada di Indonesia pun akan menurun disebabkan ekonomi mereka terbantu dengan baik. Perekonomian yang ada di Indonesia akan meningkat dengan baik setiap tahunnya. Oleh karena itu, zakat menjadi salah satu faktor atau menjadi strategi dalam membantu perekonomian masyarakat. Banyak juga jurnal jurnal yang membahas tentang zakat merupakan strategi dalam membantu perekonomian masyarakat.

Dengan makin baiknya perekonomian yang ada maka akan terus banyak pula dampak dampak positif yang ada di lingkup masyarakat khususnya di Indonesia. Maka dari itu kita sebagai muslim yang taat akan islam agar terus membayar zakat. Karena dengan kita terus membayar zakat maka akan banyak pula nyawa yang kita selamatkan. Dan akan lebih banyak pula senyum yang kita berikan di lingkungan masyrakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image