Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Metari Saida

Kontainer : Satu Solusi untuk Semua Jenis Pengiriman

Bisnis | Thursday, 13 Jan 2022, 10:27 WIB

Tahukah anda jika sekitar 90% kargo di dunia dipindahkan dan dikirim dengan menggunakan kapal? Hal ini tidak mengherankan mengingat kontainer memiliki berbagai tipe yang disesuaikan dengan jenis barang yang dikirimkan. Berikut adalah 11 tipe kontainer paling umum yang digunakan untuk pengiriman barang.

Flat pack container merupakan container yang dapat dibongkar pasang dengan mudah. Rangkanya terdiri dari rangka atas, rangka bawah, dan beberapa panel dinding yang dapat dibongkar dan dipindahkan. Tipe kontainer ini sangat cocok digunakan untuk membangun rumah kontainer maupun bangunan temporer lainnya.

Open top container merupakan kontainer yang tidak memiliki atap. Kontainer tipe ini cocok digunakan untuk pengiriman barang-barang yang terlalu tinggi untuk dikirim menggunakan kontainer standar. Misalnya seperti mesin-mesin berat dan

Reefer container merupakan tipe kontainer yang digunakan untuk mengirimkan barang yang sensitif terhadap suhu, mudah busuk atau rusak. Buah, sayur, daging, hingga peralatan pembuatan film merupakan beberapa barang yang biasanya memerlukan reefer container dalam proses pemindahan dan pengirimannya.

ISO tank container atau yang dikenal juga sebagai kontainer tangki digunakan untuk mengirimkan barang yang berwujud cair. Kontainer ini dibuat dari baja kuat dengan bahan anti korosi. Dalam proses pengirimannya, suatu ISO tank container harus setidaknya terisi 80-90% penuh untuk menghindari adanya guncangan yang berbahaya. Namun juga tidak boleh lebih dari 95% untuk menyediakan ruang pemuaian.

Tarif sewa kontainer yang ada di pasaran sangat beragam. Hal ini biasanya tergantung pada ketersediaan kontainer, kualitas kontainer yang anda inginkan, serta kemudahan akses transportasi untuk pengantaran dan penjemputan kontainer.

Sama seperti benda pada umumnya, kontainer juga memiliki daur hidup. Suatu kontainer tidak dapat digunakan lagi untuk mengirimkan barang ketika kontainer tersebut sudah terlalu tua dan tidak lulus dalam sertifikasi untuk pengiriman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan dalam pengiriman.

Namun untuk mengurangi sampah kontainer yang tidak terpakai. Kontainer-kontainer yang sudah tidak terpakai ini dapat dimodifikasi untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya. Seperti rumah kontainer, office container, laboratorium kontainer, rumah sakit kontainer, dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan pun biasanya beragam dan tentunya akan lebih terjangkau. Misalnya saja office container. Jika anda seorang pelaku bisnis dan anda memerlukan kantor untuk bekerja, memilih office container akan menghemat budget anda. Harga container office 20 feet akan lebih murah jika dibandingkan anda mendirikan bangunan permanen maupun menyewa ruang di gedung perkantoran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image