Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ezra Angelita Ambarita

Berubah atau Diubah?

Gaya Hidup | 2024-05-20 00:26:09

Surabaya - Bicara mengenai berubah atau diubah. Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Dalam era globalisasi saat ini, perubahan terjadi setiap saaat, baik secara sosial, ekonomi, maupun teknologi. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah perubahan ini selalu baik? Apakah kita harus menerima atau melakukan perubahan?

Perubahan dapat membawa banyak manfaat bagi kehidupan kita, terutama perubahan yang baik. Perubahan yang baik selalu berawal dari diri sendiri yang dipengaruhi lingkungan. Seorang yang ingin berubah harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan tempat tinggalnya

Mengulang tentang pembicaraan berubah atau diubah setiap orang pasti ingin melakukan perubahan lebih dahulu agar tidak diubah oleh orang lain, Jika kita diubah menjadi orang yang lebih baik tak apa, tetapi jika kita diubah menjadi orang yang buruk, apalagi kita tidak memiliki ketekunan hati dan iman, kita tentu saja akan merugikan banyak orang terutama diri kita sendiri. Sebuah perubahan yang baik bisa kita dapatkan dari pengaruh lingkungan sekitar tempat kita tinggal.

Faktor lingkungan adalah yang terutama mempengaruhi kehidupan atau keseharian kita. Dan tidak hanya di pengaruhi lingkungan saja tetapi juga dari faktor keluarga. Jika kita berada di lingkungan yang baik dan mendapatkan didikan yang baik dari keluarga, kita akan terpengaruh atau terbiasa memiliki keseharian yang baik seperti keseharian orang yang tinggal di sekitar kita. Tetapi jika kita berada di lingkungan yang banyak sekali orang-orang yang buruk contohnya para pecandu narkoba atau perokok dan juga jika kita mendapatkan didikan yang kurang baik dari keluarga kita akan menjadi buruk sama seperti mereka, dan bisa saja kita menjadi pecandu narkoba dan perokok.

Kita bisa saja tidak terpengaruh dengan lingkungan yang buruk jika kita memiliki iman yang kuat dan semakin menambah ilmu agama dengan baik, maka jika kita bergaul dengan orang yang memiliki iman yang kuat kita akan terbiasa dengan apapun kejadian buruk yang terjadi, dan juga dapat menjadi lebih baik

Perubahan yang diinginkan semua orang adalah berubah menjadi orang yang lebih baik, padahal berubah menjadi lebih baik adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, ditambah lagi dengan keadaan sekitar yang tidak mendukung dan kita tidak tahu bahwa banyak orang diluar sana ingin mengubah kita menjadi orang yang buruk, maka dari itu agar kita dapat berubah menjadi orang yang lebih baik, kita harus memperkuat iman kita dan harus tetap percaya bahwa kita bisa berubah menjadi lebih baik dan kita juga bisa membawa cahaya yang benar dan mengiring mereka yang buruk kejalan yang benar.

Perubahan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita, dan bagaimana kita meresponnya menentukan masa depan kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melihat perubahan sebagai peluang dan tantangan yang dapat diatasi dengan sikap positif dan kemampuan adaptasi yang kuat.

Ingat! kita mungkin tidak dapat mengontrol angin, tetapi kita adalah kapten dari kapal kita. Sesuaikan layar kita dan teruslah menuju impian anda!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image