Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mikael Andamadan

Ikan Hias Cantik Hasil Rekayasa Genetika

Pets and Garden | Wednesday, 07 Feb 2024, 00:20 WIB

GloFish merupakan ikan yang telah mengalami rekayasa genetika. GloFish adalah merek dagang untuk sekelompok ikan yang genetikanya dimodifikasi sehingga dapat memancarkan warna-warni cerah di dalam tubuhnya. Proses ini melibatkan penambahan gen dari organisme lain, seperti koral laut dan anemon laut, sehingga ikan ini dapat menghasilkan protein fluoresen yang memberikan efek warna yang menarik.

Ditemukan pertama kali pada awal tahun 2000 oleh seorang ilmuwan bioteknologi bernama Dr. Zhiyuan Gong, GloFish pertama yang dihasilkan adalah zebrafish (Danio rerio). Kemudian, pengembangan GloFish dilanjutkan untuk beberapa spesies ikan air tawar lainnya, termasuk tetra dan barb.

Sumber : Pribadi

GloFish umumnya dijual sebagai ikan hias di pasar akuarium. Meskipun warna-warni cerah membuatnya menarik, terdapat perdebatan etis terkait dengan rekayasa genetika pada hewan peliharaan dan dampaknya terhadap kesejahteraan hewan. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon pemilik untuk memahami dengan baik tanggung jawab mereka dalam merawat ikan GloFish dan untuk mematuhi regulasi yang berlaku terkait perdagangan dan pemeliharaan ikan hasil rekayasa genetika ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image