Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wanti Nisa septianti

Seminar Hidroponik bersama Petani Milenial

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 04 Feb 2024, 15:45 WIB

Purwakarta, 3 Februari 2024

Anggita Budi Nawangsari selaku petani milenial dan pemateri pada seminar

KKN STIES IP Desa Karyamekar sukses menyelenggarakan Seminar Pemanfaatan Lahan dengan Metode Hidroponik bersama Petani Milenial dengan menghadirkan Anggita Budi Nawangsari sebagai petani milenial purwakarta, kegiatan seminar ini dihadiri oleh anggota kader pkk, Ibu-ibu posyandu, serta aparatur desa dan masyarakat sekitar.

Audiensnya adalah Ibu-ibu kader PKK dan masyarakat sekitar

Seminar ini di hadiri oleh 20 peserta dan 13 mahasiswa KKN namun antusiasme ibu-ibu yang heboh pada seminar ini seperti dipenuhi 50 peserta.

Tujuan diadakannya Kegiatan ini dikarenakan di Desa karyamekar belum ada yang menggunakan instalasi hidroponik, sehingga diharapkan dengan adanya KKN STIES IP masyarakat menjadi produktif dalam memanfaatkan lahan kecil dihalaman rumah. Selain dapat mempercantik halaman rumah, hidroponik juga bisa mempertahankan ketahanan pangan dan bahkan bisa menjadi upaya untuk berbisnis.

Praktik Instalasi Hidroponik

Pada Kegiatan seminar ini pemateri memaparkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam metode hidroponik yakni kualitas air, kualitas benih, bahan yang dipakai, sistem yang digunakan, jenis tanaman dan kondisi lingkungan.

Proses pemasaran tanaman hidroponik memiliki target pasar yang unik, konsumen hidroponik adalah masyarakat yang paham dengan kualitas dari hasil sayuran yang dinilai berbeda dengan sayuran pada umumnya. Harga dari sayuran hasil hidroponik dinilai lebih tinggi daripada sayur lokal, dan inilah yang dinamakan hidroponik memiliki target pasar yang unik.

Contoh produk pemasaran hidroponik

Pemateri sendiri memulai bisnis hidroponiknya dengan menitipkannya ke tukang sayur keliling, uniknya sayur hidroponiknya hanya dibeli oleh perawat RSU Bayu Asih, hingga sekarang sayur hidroponiknya menjadi target para pegawai RSU Bayu Asih dan menjadi pelanggan tetap.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image