Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tanra

Perbedaan Kebijakan dan Prosedur

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 04 Feb 2024, 10:28 WIB

Kebijakan dan prosedur merupakan dua elemen penting dalam menjalankan organisasi, baik itu perusahaan, lembaga pemerintah, ataupun organisasi nirlaba. Meskipun sering disalahartikan sebagai hal yang sama, keduanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Memahami perbedaan antara kebijakan dan prosedur secara menyeluruh dapat membantu organisasi mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.

Kebijakan adalah pernyataan umum yang menetapkan batas-batas pengambilan keputusan oleh manajer dan dengan demikian menjamin kinerja yang konsisten. Sebaliknya, prosedur menyarankan cara yang tepat dalam melakukan suatu aktivitas.

Ini menunjukkan urutan penanganan berbagai kegiatan bisnis. Dikutip dari pengertianku, Berikut pengertian dan perbedaan mendasar antara kebijakan dan prosedur.

Definisi Kebijakan

Kebijakan juga dikenal sebagai pernyataan misi mini, yang dirumuskan oleh puncak manajemen, sebagai pedoman untuk mengambil keputusan yang cepat dan rasional mengenai aktivitas operasional perusahaan sehari-hari.

Kebijakan mempengaruhi struktur internal dan aktivitas rutin entitas yang memerlukan pengambilan keputusan secara berkala. Umumnya berbentuk pernyataan ringkas. Saat menyusun kebijakan organisasi, beberapa hal harus dipertimbangkan:

Itu harus didasarkan pada pengalaman, fakta, dan pengetahuan masa lalu.

 

  • Orang-orang yang akan terpengaruh oleh kebijakan-kebijakan ini harus berpartisipasi secara aktif pada saat menyusun kebijakan tersebut.

 

  • Mereka perlu dimodifikasi seiring dengan modifikasi dalam entitas operasi.

 

  • Mereka harus serbaguna dan dapat diterima sepenuhnya oleh masyarakat.

Kebijakan adalah bagian integral dari organisasi besar yang membantu kelancaran fungsinya. Mereka memberikan beberapa parameter umum dimana manajemen dapat mengambil keputusan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama.

Definisi Prosedur

Suatu jadwal kegiatan yang perlu dilakukan, satu demi satu, dalam jangka waktu tertentu, yang mempunyai awal dan akhir yang tepat disebut prosedur. Gagasan tentang prosedur dikembangkan untuk menghindari tindakan yang tumpang tindih dan cara melakukan aktivitas yang serampangan.

Hal ini menghemat banyak waktu dan serangkaian tindakan yang tepat telah dirancang, yang akan mengurangi kekacauan. Prosedur dibuat untuk keberhasilan penyelesaian suatu program. Mereka dibuat untuk mengarahkan pekerja tingkat bawah dalam organisasi.

Perbedaan antara kebijakan dan prosedur

Perbedaan antara kebijakan dan prosedur dalam manajemen dijelaskan secara jelas pada poin-poin berikut:

 

  • Kebijakan adalah syarat dan ketentuan yang mengarahkan perusahaan dalam mengambil keputusan. Prosedur adalah langkah-langkah berurutan yang mengarahkan orang untuk melakukan aktivitas apa pun.

 

  • Kebijakan bukanlah peraturan yang tegas dan tegas karena kebijakan mengizinkan adanya situasi yang luar biasa dan tidak konvensional. Sebaliknya, Prosedur bersifat ketat, yang perlu diikuti secara seri.

 

  • Kebijakan mencerminkan misi utama organisasi. Berbeda dengan Prosedur, yang dibuat untuk menunjukkan penerapan praktis dari kebijakan.

 

  • Kebijakan dibuat untuk mendukung strategi, sedangkan Prosedur berguna dalam implementasi program.

 

  • Kebijakan berorientasi pada keputusan, namun prosedur berorientasi pada tindakan.

 

  • Kebijakan harus diterima secara menyeluruh oleh masyarakat yang terkena dampaknya. Di sisi lain, harus ada proses metodis dalam prosedurnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image