Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Cara Pengelolaan Limbah Produksi di Sektor Industri

Eduaksi | Tuesday, 30 Jan 2024, 11:39 WIB
Kunjungan industri mahasiswa Kesling FKM UAD ke PT Vactoria Care Indonesia Semarang (Dok. Istimewa)

Pada 23 Januari 2024, mahasiswa Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat peminatan Kesehatan Lingkungan (Kesling) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkesempatan untuk melakukan kunjungan industri ke PT Victoria Care Indonesia. Perusahaan ini menjadi salah satu instansi yang bergerak di bidang industri kosmetik dan perlengkapan mandi sejak tahun 2007.

PT Victoria Care Indonesia memiliki dua cabang yakni di Bali dan Semarang. Pada awal tahun 2009, pabrik ini merilis produk-produk lulur tradisional Bali dari merek Herborist dan terus mengalami perkembangan sampai akhirnya meresmikan Omah Herborist tahun 2013. Pabrik ini juga memiliki konsep yang unik, yakni belajar sambil berbelanja bagi para pengunjung.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa Kesling berkunjung ke perusahaan cabang Semarang dengan sasaran peserta yang berasal dari semester 7. Adapun tujuan utama kegiatan yaitu untuk mengetahui cara pengelolaan limbah produksi sebagai tugas dari sanitarian di sektor industri.

“Sebelum memasuki ruang produksi, kami disterilkan terlebih dahulu dan wajib menggunakan APD berupa jas laboratorium, penutup kepala, dan penutup sepatu. Setelah melihat proses produksi termasuk uji lab, kami diarahkan ke ruang teater (aula) untuk diberi sosialisasi mengenai HSE (Health Safety Environment),” terang Muhammad Khairul Sayni sebagai salah satu peserta saat diwawancarai. (ish)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image