GTK MTs N 3 Bantul : Memanfaatkan Teknologi Sebagai Salah Satu Ungkapan Syukur

Image
Aswantri Bekti
Eduaksi | Wednesday, 12 Jan 2022, 18:18 WIB

Salah satu sisi negatif kemajuan teknologi, kata seorang guru ngaji, adalah bahwa teknologi berperan dalam membentuk karakter kurang sabar. Beliau mencontohkan, dulu saat pertama kali muncul hp , dan tentu dengan fitur yang masih sangat sederhana.. orang sudah merasa enjoy . Nah ketika sekarang hp sudah sedemikian canggih, sering dijumpai keluhan ...”kok lelet yaa ..”, “ ..lola..” dsb. Kenapa mengeluh ? Tentu karena kurang sabar . Mengapa kurang sabar ? Salah satunya karena kita jarang mau membandingkan sebuah situasi dengan situasi lain pada peristiwa sejenis. Dalam kasus hp di atas, seandainya si pemakai mau membandingkan hp yang dimiliki tersebut dengan hp “antik” edisi lebih awal, yang “sparepart”nya saja susah dicari, pasti dia bisa mensyukuri apa yang sekarang dimiliknya. Namun pasar memang selalu mencari mangsa baru, dan kita adalah bagiannya.

Dulu untuk menyusun sebuah makalah, apalagi skripsi, kita masih menggunakan “jasa” mesin ketik manual. Suaranya cukup berisik. Kalau salah ketik ...wah bisa berabe karena tak semua dosen mau menerima lembaran yang ada “tipek”nya. Jadi musti ketik ulang dari awal. Untuk menentukan margin juga butuh perjuangan. Terlanjur dapat tujuh lembar, misalnya, kok ada halaman yang lupa .... tambah kerjaan lagi. Belum lagi kalau naskah tersebut harus dibuat lebih dari satu alias rangkap. Sebelum ada fotokopi, kita pakai kertas karbon ... jangan dibayangkan kalau sampai mengetiknya keliru atau ...kertasnya tergulung tidak simetris. Bisa begadang semalaman.

Dulu ada juga guyonan ...kalau di kantor-kantor, suara mesin ketik tergantung tanggal. Ya, pada titik tertentu, suara detak mesin ketik seringkali mewakili suara hati ... ....

Kalau saja teman-teman yang menggunakan perangkat smisal PC ataupun se"lelet" apapun ,mau sedikit saja menengok “romantika mengetik sebelas jari” era sebelum tahun 90-an, tentu mereka bisa mensyukuri apa yang dimiliki dan mengurangi porsi mengeluh.

Dalam konteks ungkapan kesyukuran inilah, teman-teman GTK di MTs Negeri 3 Bantul mulai banyak menulis di media-media baik yang berbasis hard paper maupun online. Kegiatan ini sangat positif disamping sebagai sebuah ekspresi gagasan diri maupun respon terhadap sesuatu, bisa pula aktifitas ini menjadi sebuah ajang rekreasi sekaligus edutainment. Bahkan bisa pula berperan untuk “buang-buang residu,” tentu dalam makna yang positif. Nah, marilah semakin banyak menulis, semoga bisa menjadi referensi berharga pada masanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ketika Ingin Mulai Menulis

Ketika Sampai di Simpang Jalan

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Langkah Strategis, Telkom dan TNI Berkomitmen Buat Inovasi sistem Pertahanan

Image

MP3 Juice Downloader Lagu Mp3 Tanpa Aplikasi Super Cepat Dan Praktis

Image

Ukuran Foto 2R, 3R, 4R, 5R, … 30R Berapa CM, MM, dan Inci

Image

Y2mate Downloader Video YouTube Tercepat 2022

Image

GB WhatsApp Pro Apk V17.50 Download Terbaru 2022

Image

Mancestercity juara liga inggris 2021/2022, inilah H2h jalanya pertandingan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image