Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rukhan Asrori, S.S.

Bermakna! SMP DAFI Sukses Gelar SATU Activity 2024 Bernuansa Ceria dan Bahagia

Eduaksi | Tuesday, 23 Jan 2024, 08:28 WIB
Santri Putri SMP DAFI Sidoarjo nampak foto bersama di Ground Royal Outbond Caravan Trawas, Mojokerto (10/01)

Retizen Republika.co.id. SMP DAFI Sidoarjo merupakan Sekolah pesantren yang tak kenal lelah mendidik para santrinya menjadi generasi yang bermakna melalui kegiatan outdoor. Sekolah yang berlokasi di Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Desa Sarirogo 14/03 Kecamatan Sidoarjo ini memiliki salah satu program kegiatan tahunan itu adalah SATU Activity 2024 dengan tema "Reach The Future, Survive with The Insight". Kegiatan santri putri ini dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2024 di Royal Outbond Caravan Trawas - Kabupaten Mojokerto.

Koordinator Acara SATU Activity Putri 2024, Nur Laili Fajriati, S.Pd mengatakan bahwa Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar, didukung juga dengan cuaca saat hari itu sedang cerah. Anak-anak antusias mengikuti berbagai macam kegiatan, yang paling menarik perhatian adalah kegiatan flying fox dan permainan tradisional. Waktu anak-anak menunggu antrian untuk bermain flying fox, mereka bisa bermain gobak sodor dan boy-boyan, permainan ini dilakukan dengan cara bertanding antar 2 kelompok hingga terdapat pemenang juara 1, 2, dan 3. Bagi beberapa anak ini merupakan pengalaman pertama mereka untuk bermain flying fox & bermain boy-boyan, jadi mereka excited untuk bisa menang. Setelah itu ishoma & dilanjut dengan berenang. Kegiatan ini menjadi hiburan bagi anak-anak karena dianggap bisa healing sambil mendapatkan pengetahuan baru dari luar sekolah.

Di sisi lain, Waka Kesiswaan Putri Holiah, S.Pd.I. juga senada menanggapi bahwa kegiatan SATU Activity ini merupakan sarana latihan santri putri untuk berlatih melawan rasa takut dan bisa meningkatkan rasa percaya pada diri sendiri melalui kegiatan flying fox dan renang, serta mempererat ukhuwah dengan outbound dan permainan tradisional yang d pandu oleh para ustadzah dari SMPIT Darul Fikri Sidoarjo.

Kepala SMP DAFI, Uswatun Aisah, S.Pi.,S.Pd.,Gr. memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para guru untuk tidak lelah mendidik mereka dengan cara yang bermakna dan membahagiakan. Beliau juga menambahkan Kegiatan satu activity merupakan salah satu program unggulan yang dinanti. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang setiap tahun mendapatkan kesan terbaik dari para santri dan dirancang untuk menguatkan karakter santri, baik secara fisik maupun mentalnya. Selain itu juga melatih kesabaran, keberanian, kepercayaan diri, kolaborasi dan ketangguhan santri serta melatih kekuatan fisik santri. Sehingga diharapkan dari kegiatan ini, akan lahir dan tercetak generasi muslim yang kuat, baik fisik maupun mentalnya.

Sebagaimana Firman Allah SWT di dalam Alquran, Surat An-Nisa ayat 9:

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh karena itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image