Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Enong Gadis 14 Tahun yang Menghidupi Keluarga

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 20 Jan 2024, 18:04 WIB

ENONG GADIS 14 TAHUN YANG MENGHIDUPI KELUARGA

Judul buku :Padang Bulan

Penulis :Andrea Hirata

Penerbit :Bentang pustaka

Tahun Terbit :November 2016

Nomor ISBN :978-602-8811-30-9

Melalui pergolakan nasib seorang perempuan dan huru-hara kecemburuan, Andrea Hirata kembali memilih sudut yang tidak terduga untuk menampilkan kisah yang inspiratif tentang kegigihan karakter di dalam novelnya. Novel ini pernah di tayangkan di bioskop,peristiwa ini tidak hanya penting bagi Andrea hirata,tetapi juga tonggak bagi perkembangan
buku indonesia "padang Bulan"

seorang gadis kecil berusia 14 tahun, Enong namanya,yang sangat gemar pada pelajaran bahasa inggris,namun secara mendadak terpaksa harus berhenti sekolah dan mengambil alih seluruh tanggung jawab.

Novel "padang Bulan"bertema kesedihan.Enong sebagai tokoh utama yang di gambarkan sebagai sosok yang menghidupi keluarganya.
Alur Perjalanan anak perempuan
bernama enong yang harus menjadi tulang punggung keluarga setelah zamzami/ayahnya meninggal dunia.

Latar tempat enong tinggal di Kota Tanjong pandan,saat enong kelas 6 SD,yang digunakan novel tersebut realisme(sesuai kenyataan).amanat yang saya dapat,Kita sebagai perempuan harus serba bisa karna agar tidak tergantung pada orang lain.

Enong sangat ingin khursus bahasa inggris,dan karna kegigihannya enong.Enong bisa khursus bahasa inggris walau dia tidak lulus SD karna harus putus sekolah.Banyak laki-laki yang menyepelekan enong saat mencari timah karna dia anak perempuan yang tidak memiliki banyak tenaga namun dia bisa membuktikan bahwa dia bisa mendapatkan timah.
Novel ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan.

Ulasan ini dibuat oleh Herni kusumawardani kelas VIII-J SMPN 5 Karawang Barat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image