Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alicia Kristiani

Perjuangan Haru

Pendidikan dan Literasi | Friday, 19 Jan 2024, 17:36 WIB

Judul Buku : Sync
Penulis : Jysa

Penerbit : Romancious

Tahun Terbit : 2018

Jumlah Halaman : 352

Nomor ISBN : 978-602-5406-55-3

Jysa Nursakinah, lahir di Makasar 31 Mei 1999. Menulis merupakan hobinya sejak di sekolah dasar, yang belakangan ini ia salurkan melalui Wattpad. 'SYNC' adalah buku ketiganya setelah That Day dan That Night yang ia persembahkan untuk keluarga terbesarnya, ARMY.

Novel yang berjudul SYNC ini menceritakan tentang bagaimana dunia menghubungkan Haru dan Jeon. Yoon Haru yang sangat menyukai tantangan, dan menyukai salah satu member Bangtan bernama Jeon. Jeon adalah seorang idol yang mendedikasikan hidupnya untuk game. Banyak wanita yang menyukainya karena ia mempunyai paras yang tampan dan postur tubuh yang sempurna. Tetapi sifat dingin yang dimiliki oleh Jeon, membuat wanita yang mendekatinya selalu ditolak. Bagi Jeon cinta adalah game, menurutnya menjalin hubungan hanya membuang waktu.

Haru, seorang solois pendatang baru di dunia hiburan. Haru disebut sebagai rookie monster (idol pendatang baru di industri hiburan Korea Selatan yang dianggap sangat berpengaruh terhadap publik). Haru dikenal dengan stage presence dan Variety skills-nya karena itu dia sering diundang ke berbagai acara. Selain Haru, member Bangtan juga terkenal dan boy band yang berpengaruh di dunia hiburan Korea Selatan.

Saat menghadiri acara musik, Haru masuk nominasi bersama Bangtan. Selama Bangtan menerima penghargaan karena berhasil menang, Haru memperhatikan wajah-wajah member Bangtan dan ada salah satu member yang menarik perhatiannya, yaitu Jeon. Wajah yang tampan dan postur tubuh yang sempurna membuatnya tertarik kepada Jeon. Haru pun mencari tau tentang Jeon. Dari informasi yang Haru dapatkan, ia mengetahui bahwa Jeon adalah lulusan SOPA, dan yang membuatnya semakin tertarik dengan Jeon, ketika ia mengetahui kalau Jeon mempunyai sifat yang dingin kepada wanita dan banyak wanita juga yang di tolak oleh Jeon. Mengetahui itu, Haru semakin bersemangat untuk mendapatkan Jeon.

Bertema romantic, perjuangan yang menyeritakan tentang bagaimana dunia menghubungkan Haru dan Jeon. Yoon Haru, adalah seorang artis solois pendatang baru di Korea selatan. Di backstage ketika ia comeback ia bertemu lelaki tampan bernama Jeon, yaitu salah satu anggota grup besar yang sedang naik daun, Bangtan. Jeon adalah seseorang yang sangat dingin dan tidak segan untuk melukai hati wanita yang ingin dekat dengannya. Yoon haru, atau yang biasa disapa Haru ini semakin tertarik setelah tau sifat Jeon yang seperti itu.

Berlatar di Korea Selatan pada tahun 2014. Sudut pandang orang ke-3 serbatahu. Untuk amanat dari novel ini adalah dalam hidup seseorang harus bertekad dan tidak hanya mengikuti arus dan cinta terbesar adalah cinta untuk diri sendiri, jadi jika kamu ingin mencintai orang lain, kamu harus mencintai diri sendiri dahulu.

Novel ini memiliki alur maju yang menceritakan awal mula perjalanan seorang Haru, soloist wanita pendatang baru yang tak kenal kata "kalah" dan selalu mengindahkan kerja keras. Saat di acara musik, Haru tak sengaja melihat dan tertarik dengan seorang lelaki berparas menawan yang bernama Jeon Jungkook, anggota boygroup BTS yang dikenal dingin dan jahat terhadap semua wanita yang mendekatinya, termasuk Haru. Novel ini beralur maju karena tidak menceritakan masa lalu atau flashback.

Untuk kelebihan dari novel ini memiliki gaya penulisan yang disajikan oleh penulis mampu menghidupkan cerita dan untuk kekurangan banyak kata kata khusus yang terlalu banyak.

Buku ini direkomendasikan untuk orang orang yang suka K-pop atau orang orang yang suka novel bertema romantic, perjuangan.

Teks ulasan ini dibuat oleh Sella Desyana Putri kelas VIII-F SMPN 5 Karawang Barat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image