Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bola Patrick

Mesut Ozil Sering Kutip Alquran, Jaga Islam, Peduli Uighur, dan Kini Bakal Main di Indonesia

Olahraga | Sunday, 09 Jan 2022, 19:30 WIB
Mesut Ozil saat bermain bersama Arsenal. Mesut Ozil dikabarkan akan bermain di Indonesia bersama RANS Cilegon.

Pesepakbola Jerman keturunan Turki Mesut Ozil dikenal sebagai jago assist. Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang dimanjakan dengan assits Ozil selama merumput di Real Madrid. Ronaldo pun menjadi bintang subur selama di La Liga.

Mesut Ozil dikenal pemain tenang, pendiam, dan tidak banyak tingkah. Namun Ozil kerap menjadi bahan kritik karena sikap-sikapnya yang tegas soal isu-isu sosial.

Mesut Ozil pernah mengutip Ayat Alquran untuk menjawab segala serangan-serangan Islamofobia di Eropa dan belahan dunia lainnya pada 2020 lalu seperti dikutip Republika.co.id.

"Jawab Islamofobia dengan kebaikan," kata Ozil dalam sebuah posting Twitter.

Ozil mengutip sebuah ayat dari Alquran tentang kebaikan dan kejahatan. "Baik dan jahat tidak bisa sama. Menanggapi kejahatan dengan yang terbaik, maka orang yang berseteru dengan Anda akan menjadi seperti teman dekat," kata Ozil.

Ozil menyayangkan Islamofobia dan anti-Islam tumbuh di Eropa dan di belahan dunia lain di mana media turut memainkan peran besar.

"Jawaban pribadi saya untuk itu, kita harus menanggapi Islamofobia dan anti-Islam dengan cara yang tidak akan memperkuatnya, melainkan melucuti dan membungkamnya dengan kebaikan," kata gelandang berusia 32 tahun itu.

Ozil bergabung dengan klub Liga Utama Inggris Arsenal pada 2013 dan telah mencetak 44 gol dengan 77 assist dalam 254 pertandingan untuk The Gunners itu.

Dia juga bermain untuk Schalke dan Werder Bremen Jerman serta raksasa Spanyol Real Madrid. Ozil juga merupakan bagian dari skuad pemenang Piala Dunia 2014 Jerman.

Akhir Desember 2019, Ozil mengunggah sikapnya terhadap kondisi Muslim Uighur di Xinjiang, China. Namun unggahan pesepak bola Jerman berdarah Turki di akun Twitter-nya itu menuai kecaman dari sejumlah warganet di China.

Ozil dalam kicauannya merujuk Daerah Otonomi Xinjiang, China, yang banyak dihuni etnis minoritas Uighur tersebut dengan sebutan Turkistan Timur. Dia mencurahkan isi hati dan doanya untuk Muslim Uighur dalam bahasa Turki.

Seperti dikutip Republika.co.id, Ozil mengungkapkan, "Umat yang terluka berdarah. Komunitas pejuang yang menolak penindasan. Orang-orang beriman yang berjuang sendiri melawan mereka yang memaksa keluar dari Islam. Alquran dibakar, masjid-masjid ditutup, sekolah madrasah dilarang, para sarjana Muslim dibunuh satu per satu".

"Saudara-saudaraku dipaksa masuk ke dalam kamp. Pria China dimasukkan ke dalam keluarga (Uighur). Saudari-saudariku dipaksa menikah dengan pria-pria China," demikian penggalan cuitan Ozil saat itu.

Kini, Ozil dikabarkan akan bermain di Indonesia bersama RANS Cilegon milik Raffi Ahmad. Benarkah demikian?

Kita tunggu saja....

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image