Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amy Februari

Makanan Khas Ibu Kota Jakarta Yang Wajib Kamu Cicipi

Kuliner | Saturday, 08 Jan 2022, 17:36 WIB

Kuliner Khas Betawi

Seperti daerah lainnya, Jakarta juga memiliki beberapa makanan khas yang bisa dicicipi saat datang ke Ibu Kota.

Berikut ini rekomenadi makanan khas daerah Betawi khusus untuk Anda.

1. Soto Betawi

Makanan khas dari Betawi yang pertama yaitu soto Betawi.

Nampaknya soto menjadi salah satu makanan khas nusantara lantaran ada di berbagai daerah. Meskipun demikian pasti ada bedanya.

2. Kerak Telor

Berbeda dengan soto yang hampir semua daerah ada, kerak telor hanya berasal dari Jakarta.

Makanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, dan serundeng. Kemudian dibakar di atas tunggu api.

Telur yang digunakan bisa telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera. Yang menjadikannya semakin unik yaitu proses membuatnya.

Pada saat memasak kerak telor, wajan yang digunakan dibalik sehingga kerak telor langsung mengenai api dan menghasilkan kerak dengan aroma dan cita rasa yang khas. Untuk menjumpai makanan khas ini Anda bisa datang ke tempat-tempat wisata di Jakarta, atau saat ulang tahun Ibu Kota.

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi menjadi makanan khas Betawi DKI Jakarta yang perlu Anda coba. Makanan ini berisi berbagai sayuran yang sehat seperti kubis, sawi, dan tauge. Anda juga bisa menambahkan tahu sehingga rasanya semakin kaya.

Setelah semua bahan disatukan, kemudian disiram dengan garam dan cuka sehingga rasanya asam dan asin.

Tidak hanya garam dan cuka, asinan Betawi disiram dengan kuah gula merah yang sudah dicampur dengan cabai. Rasanya yang kaya dan segar ini membuat makanan khas ini menjadi favorit banyak orang.

4. Gado-gado

Makanan ini bukan hanya menjadi kesukaan masyarakat Betawi, juga disukai masyarakat dari daerah lain.

Gado-gado cocok untuk yang sedang mengurangi daging atau produk hewani lainnya. Tak jarang orang juga menyebutnya sebagai salad tradisional.

Gado-gado terbuat dari aneka sayur mulai dari kacang panjang, tauge, kangkung, kubis, dan sayuran lain.

5. Nasi Kebuli

Pasti banyak di antara kita yang mengira bahwa makanan ini berasal dari Timur Tengah. Ternyata makanan ini merupakan makanan khas daerah Betawi.

Nasi kebuli memang perpaduan antara makanan Indonesia dengan cita rasa Arab, sehingga populer di kalangan orang Betawi keturunan Arab.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image