Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Lorong Sayur

Eduaksi | Thursday, 04 Jan 2024, 14:17 WIB
Kegiatan pemanfaatan lahan terbengkalai oleh Mahasiswa UAD bersama warga Wirobrajan (Dok. Istimewa)

Ada banyak cara dalam memanfaatkan lahan kosong di tengah hiruk-pikuk perkotaan yang seringkali terabaikan. Seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif 89 Unit VI.C.I Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di RW.07 Wirobrajan, Yogyakarta yang mengajak warga untuk memanfaatkannya secara produktif dengan menerapkan konsep lorong sayur.

Mahasiswa KKN yang di terjunkan ke masyarakat sejak 28 Oktober 2023 ini, menyulap lahan yang terbengkalai menjadi ruang hijau produktif dengan menanam beragam jenis sayuran menjadi solusi inovatif sekaligus langkah menyegarkan, baik bagi lingkungan maupun keberlangsungan kota.

Lewat pembuatan lorong sayur ini, mahasiswa KKN UAD berharap warga sekitar dapat memanfaatkan lahan–lahan kosong untuk menanam berbagai jenis tanaman dan sayuran. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreativitas serta produktivitas warga yang ikut serta merawat tanaman.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN unit VI.C.I juga mengenalkan kepada warga sekitar mengenai cara pengelolaan sisa makanan dengan menggunakan ember tumpuk dan losida sebagai pupuk organik untuk tanaman sayuran.

Arwika Praja selaku Ketua Unit VI.C.I mengatakan. “Kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas warga sekitar dalam pemanfaatan botol plastik juga galon bekas sebagai wadah tanaman sayuran. Selain itu, lorong sayur juga akan memberikan dampak positif pada kesehatan warga karena dapat mengonsumsi sayuran yang sehat hasil menanam sendiri,”.

“Semoga dengan adanya lorong sayur ini dapat membangun kesadaran warga RW.07 Wirobrajan akan pentingnya memanfaatkan lahan di lingkungan sekitar serta pengelolaan sampah yang baik dan benar.” harap Arwika. (Arina/Doc)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image