Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Sudahkah Merenungi Makna yang Terkandung dalam Al-Quran Hari Ini?

Agama | Wednesday, 27 Dec 2023, 18:39 WIB
sumber: freepik.com

Al-Quran adalah kitab suci dan mulia bagi umat Islam. Ia merupakan pedoman hidup yang Allah SWT telah wahyukan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Bukan sebatas deretan huruf-huruf arab, Al-Quran membawa sejuta hikmah, serta petunjuk dan panduan agar setiap muslim mampu menyelami kehidupan dunia dengan kebaikan dan keselamatan. Karenanya, setiap muslim bukan hanya diperintah untuk membaca ayat demi ayat, akan tetapi juga perlu untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Di antara tujuan dari diturunkannya Al-Quran adalah untuk direnungkan sehingga kita bisa mendapatkan Pelajaran darinya. Oleh karenanya, bertilawah Al-Quran ticak cukup hanya sebatas membaca lafazanya saja. Tetapi juga harus memahami makna atau pesan dari setiap ayat yang terkandung. Tilawah makna Al-Quran tentu tidak kalah pentingnya daripada tilawah lafaznya. Maka dari itu, orang yang memahami kandungan Al-Quran adalah ahli Al-Quran yang sesungguhnya. Merekalah yang ahli dalammembaca dan mengikuti petunjuk Al-Quran. (Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, Miftahu Daris Sa’adah)

Dengan memahami apa yang terkandung dalam Al-Quran, seseorang akan dapat mampu menjalani hidup berdasarkan nilai-nilai Islam. Sehingga mampu menjalankan segala perintah Allah SWT dengan penuh keikhlasan dan kesadaran penuh sebagai seorang hamba. Seseorang juga akan lebih dekat kepada Sang Pencipta, Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena semakin paham segala apa yang dikisahkan dan diperintahkan serta diperingatkan di dalam Al-Quran.

Semakin mendalami makna yang terkandung di dalamnya, seorang muslim akan mampu dan paham bagaimana menyelesaikan masalah kehidupan berdasarkan apa yang diajarkan oleh Allah SWT melalui ayat demi ayat yang tertuang lengkap serta maknanya. Al-Quran secara tidak langsung adalah sumber kehidupan, sumber pengetahuan, sumber kebahagiaan, sumber peringatan dan sumber ilmu bagi setiap manusia yang berpikir dengan memahami makna setiap ayat yang terkandung di dalamnya.

Mudah-mudahan dengan semangat kita dalam mempelajari Al-Quran baik secara lafaz dan makna dapat mengubah hidup kita menuju arah yang lebih baik, serta selamat untuk dunia dan akhirat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image