Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Kepada Siapa Anda Harus Bicara Tentang Masalah Anda?

Eduaksi | Wednesday, 27 Dec 2023, 09:21 WIB
Sumber gambar: Psike

Pada saat dibutuhkan, dukungan yang berarti dapat membantu Anda melewati perjuangan Anda dengan cara yang sehat.

Penghiburan dan bimbingan yang ditawarkan oleh orang kepercayaan dapat membantu Anda tidak merasa sendirian dan lebih berharap untuk mendapatkan penyelesaian yang positif.

Selain itu, membicarakan masalah Anda dapat memberikan perspektif baru sekaligus mengangkat beban dari pundak Anda.

Tidak mengherankan jika setiap orang membutuhkan bantuan yang berbeda-beda untuk mengatasi masalah mereka.

Jika Anda tidak yakin kepada siapa harus membicarakan masalah Anda, berikut 7 opsinya:

1. Teman

Anda mungkin mempunyai teman-teman yang bersedia mendengarkan curahan hati Anda ketika Anda sedang mengalami masa-masa sulit, tetapi kemungkinan besar Anda tidak memiliki hubungan seperti itu dengan semua teman Anda.

Tidak semua pertemanan merupakan tipe berbagi masalah, dan itu tidak masalah.

Dalam bidang kesehatan mental dan dukungan di internet, Anda akan sering melihat orang-orang menyatakan bahwa seseorang yang tidak mendukung Anda dalam membuka diri bukanlah “teman sejati”.

Itu tidak benar.

Ada orang yang merasa tidak nyaman untuk memberikan dukungan, ada pula yang terlalu lelah secara emosional untuk memberikan dukungan, dan ada pula yang mungkin terpicu oleh permasalahan yang ada.

Bukan berarti orang-orang ini bukan “teman sejati” Anda. Mereka mungkin benar-benar peduli pada Anda dan ingin Anda sukses; mereka tidak dapat memberikan dukungan yang Anda butuhkan saat ini.

Anda tidak perlu menyingkirkan orang-orang tersebut, karena hal ini dapat membuat Anda kesepian dan terisolasi, Anda hanya perlu menentukan pertemanan mana yang merupakan tipe berbagi masalah.

Jadi bagaimana Anda bisa mengetahuinya?

Pertimbangkan hubungannya.

Hubungan seperti apa yang Anda miliki dengan orang ini? Apakah mereka lebih merupakan kenalan biasa yang hanya Anda temui sesekali atau saat Anda sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan?

Jika ya, mungkin mereka bukan orang yang tepat. Itu tidak berarti mereka adalah teman yang buruk. Mereka hanyalah teman yang berbeda.

Minta izin.

Anda dapat menghilangkan dugaan dari, “Bolehkah saya berbicara dengan teman saya?” dengan hanya bertanya, “Hei, aku sedang membahas beberapa hal sekarang. Apakah kamu keberatan jika aku curhat padamu? Mungkin bisa membantu saya menemukan solusi atau memberikan perspektif tambahan?”

Lalu mereka bisa mengatakan ya atau tidak.

Bahkan jika Anda sudah tahu bahwa dia adalah teman yang suka berbagi masalah, ada baiknya untuk memastikan bahwa dia masih mau dan mampu mendengarkan.

Mereka sendiri mungkin tidak berada dalam kondisi mental yang baik dan Anda ingin menghindari trauma yang menimpa mereka ketika mereka tidak memiliki kemampuan emosional untuk mendengarkan.

2. Keluarga

Pasangan atau anggota keluarga adalah orang-orang yang harus Anda hubungi saat Anda mengalami masalah. Mereka sering kali dapat memberikan empati, dukungan, pengertian, dan nasihat.

Kadang-kadang.

Kenapa kadang-kadang?

Faktanya adalah, tidak semua orang memiliki keluarga yang sehat, penuh kasih sayang, dan suportif. Beberapa orang payah, dan orang yang payah sering kali mempunyai keluarga. Itu mungkin anggota keluarga Anda.

Sekali lagi, Anda perlu mempertimbangkan apakah anggota keluarga Anda adalah tipe orang yang ingin Anda curahkan. Lihatlah cara mereka memperlakukan Anda di masa lalu dan cara mereka berperilaku terhadap orang lain.

Apakah anggota keluarga ini menggunakan masalah Anda sebagai senjata untuk melawan Anda? Apakah mereka bergosip dan membicarakan masalah orang lain yang curhat kepada mereka? Apakah mereka tipe orang yang nasihatnya akan Anda ikuti?

Masalah lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda dapat menjangkau keluarga Anda tanpa merasa menjadi beban. Hal ini juga berlaku pada teman.

Mungkin keluarga Anda mencoba membuat Anda merasa bersalah karena membicarakan masalah Anda, atau mungkin Anda pernah memiliki pengalaman buruk mengenai hal ini di masa lalu. Jika Anda menghadapi masalah kronis, Anda mungkin bosan membicarakannya. Itu semua adalah perspektif yang valid.

Jika Anda merasa terbebani saat menghubungi teman atau keluarga, Anda bisa menghubungi tempat yang diharapkan bisa membicarakan masalah Anda.

Itu mungkin kelompok pendukung, komunitas online, atau ahli kesehatan mental. Profesional kesehatan mental dibayar untuk mendengarkan masalah. Semua orang di kelompok dukungan atau komunitas online telah mendaftar untuk belajar atau memberikan dukungan.

3. Kelompok Pendukung

Kelompok pendukung sangat berharga karena Anda bersama orang lain yang mengalami hal serupa dengan Anda.

Anda akan menemukan orang-orang yang telah melalui apa yang Anda hadapi dan dapat belajar darinya. Di sisi lain, Anda mungkin memiliki pengalaman yang dapat Anda berikan yang benar-benar dapat menyelamatkan nyawa seseorang dengan memberi mereka harapan atau mengarahkan mereka ke arah yang benar.

“Tetapi saya tidak ingin membuka diri terhadap sekelompok orang asing!”

Itu adil dan valid.

Namun, terkadang itu adalah pilihan terbaik.

Kelompok pendukung beroperasi dengan harapan bahwa segala sesuatu yang dikatakan dalam kelompok tetap berada dalam kelompok.

Itu berarti Anda bisa lebih jujur dalam kelompok dibandingkan dengan teman dan keluarga. Anda mungkin melakukan sensor diri terhadap orang-orang dalam kehidupan pribadi Anda karena Anda tidak ingin bisnis Anda tersebar luas. Anda tidak perlu melakukan itu dengan kelompok pendukung.

Dalam kelompok pendukung yang baik, tidak ada seorang pun yang boleh menekan Anda untuk terbuka dan berbagi. Diasumsikan bahwa setiap orang yang bergabung dalam grup kemungkinan besar sedang tidak bersenang-senang dan merasa gugup serta takut.

Anggota baru perlu melihat bahwa lingkungannya aman dan mendukung. Jadi pergilah beberapa kali pertemuan, periksa suasana grupnya, lalu putuskan apakah itu cocok untuk Anda. Berharap untuk disambut dan beberapa perkenalan dilakukan jika mereka mencoba membantu Anda merasa nyaman.

Jika Anda mencoba untuk sadar, program seperti Alcoholics Anonymous dan Narcotics Anonymous dapat sangat membantu untuk sadar dan tetap sadar. Anda mungkin tidak tertarik pada aspek tertentu dari program ini, tetapi tidak ada yang sempurna. Ambil apa yang bisa Anda gunakan dan tinggalkan sisanya.

4. Komunitas Daring

Ya ampun—komunitas online.

Komunitas online bisa sangat terpukul atau terlewatkan karena beberapa alasan.

Di satu sisi, Anda dapat terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia yang mengalami masalah serupa dari kenyamanan rumah Anda. Ada banyak hal yang bisa dikatakan tentang belajar dari rekan-rekan Anda tentang cara mengatasi masalah Anda, menemukan solusi, dan mendapatkan dukungan.

Kelompok pendukung offline tidak ada di banyak tempat, atau mereka mungkin berada di lingkungan yang buruk. Komunitas online dapat membantu mengisi kesenjangan tersebut.

Namun, ada beberapa masalah yang perlu Anda waspadai.

Beberapa komunitas online tidak dikelola dengan baik.

Komunitas yang dikelola dan dimoderasi dengan buruk dapat memperburuk masalah Anda (dan kesehatan mental).

Anda tidak tahu siapa yang duduk di sisi lain layar dan memuntahkan informasi apa pun yang mereka inginkan. Ini mungkin tidak sehat. Ini mungkin informasi yang salah. Itu mungkin nasihat yang sebenarnya bisa merugikan Anda.

Moderator yang baik akan menghentikan postingan tersebut. Moderator yang tidak hadir atau buruk tidak akan melakukannya.

Jika Anda bergabung dengan komunitas online dan moderasinya buruk, keluarlah.

Berhati-hatilah terhadap predator.

Anda mungkin melihat orang menawarkan untuk berbicara melalui Direct Message, yang sering disingkat DM.

Ide buruk. Jangan pernah melakukan itu.

Anda mungkin mendapati diri Anda dilecehkan, dimanipulasi, ditekan, dikuntit, atau bersama seseorang yang mencoba menggunakan kerentanan Anda untuk menjalin hubungan.

Jika seseorang benar-benar ingin berbicara dan membantu, mereka harus melakukannya secara terbuka sehingga masyarakat dapat melihat apa yang mereka lakukan.

Predator menyasar kelompok rentan, dan komunitas online serta kelompok pendukung sering kali menjadi tempat berkumpulnya kelompok rentan.

Jangan gunakan nama asli Anda.

Saya sangat menyarankan untuk tidak menggunakan Facebook atau platform apa pun yang mengharuskan Anda menampilkan nama asli atau informasi pribadi Anda kepada orang asing.

Jika Anda mencari dukungan di platform lain, jangan gunakan nama asli Anda. Menggunakan nama asli Anda memudahkan predator dan orang-orang yang tidak stabil menemukan jejak online Anda dan menyerang kehidupan pribadi Anda.

Beberapa orang lebih tertarik untuk mengeluh.

Anda akan menemukan bahwa beberapa orang hanya mengeluh secara kronis.

Sekarang, masuk akal untuk membicarakan masalah Anda lebih dari sekali. Anda mungkin memerlukan perspektif tambahan atau ingin membicarakan perubahan situasi, atau mungkin Anda hanya memerlukan lebih banyak dukungan. Tidak ada yang salah dengan itu.

Namun, beberapa orang terus-menerus mencuri perhatian. Mereka akan menyisipkan masalah mereka ke dalam setiap diskusi dan menggagalkannya agar pembicaraan menjadi tentang diri mereka sendiri.

Lalu ada orang-orang yang tidak tertarik pada solusi, namun empati mungkin perlu diperluas dalam hal ini. Karena sejujurnya, tidak selalu ada solusi.

Orang-orang tersebut datang ke kelompok pendukung karena mereka sedang menghadapi masalah kronis yang mungkin tidak akan pernah membaik. Mereka membutuhkan dukungan rutin untuk tetap bertahan dan terus berjuang untuk bertahan hidup.

Yang lain tidak ada di sana untuk melampiaskan. Mereka di sana hanya untuk mengeluh. Mereka tidak pernah berusaha mengatasi masalah, tidak bertindak berdasarkan nasihat, dan mencuri perhatian secara berlebihan.

Berlebihan adalah kata kuncinya.

Jika Anda bergabung dengan komunitas online, cobalah untuk tidak membiarkan curahan hati Anda berubah menjadi keluhan: berikan perhatian kepada orang lain, dengarkan secara aktif, dan berpartisipasi.

5. Hotline

Hotline cukup jelas.

Anda mempunyai masalah, Anda ingin bunuh diri, dan orang-orang meminta Anda untuk menelepon hotline bunuh diri, atau Anda mungkin sudah tahu cara menelepon hotline untuk mendapatkan bantuan.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang hotline bunuh diri.

Ini bukan hanya hotline bunuh diri.

Ini sebenarnya adalah hotline krisis. Jika Anda sedang mengalami krisis, Anda dapat menghubungi 988 di AS dan panggilan Anda akan dialihkan ke pusat krisis lokal.

Orang-orang menghubungi jalur krisis karena berbagai alasan: listrik akan padam, mereka tidak punya makanan, atau mereka mencoba keluar dari situasi kekerasan dalam rumah tangga.

Crisis line memiliki akses terhadap informasi dan sumber daya lokal yang mungkin dapat membantu Anda.

Lalu ada Warmlines yang kurang terkenal.

Garis krisis ditujukan untuk menangani krisis. Jelas, bukan? Garis hangat lebih merupakan dukungan daripada krisis. Mereka ada jika Anda membutuhkan teman untuk diajak bicara dan Anda tidak memilikinya.

Tidak semua tempat memiliki garis hangat. Mereka masih merupakan ciptaan yang cukup modern. Namun, jika Anda memilikinya secara lokal, mereka bisa menjadi pilihan dukungan yang bagus.

6. Pemimpin Agama atau Spiritual

Pemimpin agama atau spiritual dapat memberikan bimbingan pada saat dibutuhkan.

Mereka sering mendengarkan dan membantu banyak orang mengatasi masalah mereka. Mereka dapat menjadi sumber informasi dan arahan yang luar biasa.

Namun, mereka bisa jadi sangat untung-untungan; lebih dari apa pun dalam daftar ini.

Mengapa?

Karena pada dasarnya tidak ada kekeliruan atau dampak terhadap apa yang mereka katakan kepada Anda.

Jika Anda main-main dalam kelompok pendukung, Anda akan dikeluarkan. Jika Anda bertindak seperti orang brengsek di komunitas online, Anda mungkin akan diblokir. Terapis profesional memiliki lisensi dan memiliki standar etika yang ditegakkan. Mereka dapat kehilangan lisensinya jika bertindak tidak etis.

Tidak demikian halnya dengan para pemimpin agama.

Jadi, apakah semua pemimpin agama atau spiritual itu buruk?

Tentu saja tidak, namun para pemimpin agama memberi kita hal-hal seperti: “doakan kaum gay,” kamp konversi untuk meluruskan remaja gay, berdoa untuk mengakhiri perasaan ingin bunuh diri atau mengatasi penyakit mental, dan banyak lagi pelecehan lain yang mungkin pernah Anda alami. terlihat di seluruh berita dalam beberapa tahun terakhir.

Memang benar, organisasi mana pun yang orang-orangnya terlibat kemungkinan besar akan memiliki keburukan karena orang-orangnya bisa saja curang.

Perbedaannya adalah akuntabilitas. Dan hanya ada sedikit akuntabilitas bagi para pemimpin agama atau spiritual.

Mereka bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda mencari arah dan makna, atau hanya membutuhkan pendengaran.

Tapi ada hal lain, dan Anda sebaiknya membicarakannya dengan profesional berlisensi.

7. Terapis dan Konselor

Terapis dan konselor dididik, dilatih, dan diberi lisensi untuk memberikan dukungan untuk beberapa kesulitan hidup mulai dari penyakit mental hingga 'hanya' mengalami masalah.

Berbicara dengan ahli kesehatan mental mungkin merupakan pilihan terbaik Anda, jika itu merupakan sebuah pilihan, yang mungkin tidak bagi sebagian orang karena kurangnya ketersediaan atau biaya.

Manfaat lain dari beralih ke ahli kesehatan mental dibandingkan teman atau keluarga adalah berkurangnya “hutang emosional”.

Dalam hubungan yang sehat, berbicara dengan seorang teman akan menciptakan hutang emosional yang mungkin Anda harapkan akan mendengarkan mereka jika mereka mendengarkan Anda.

Namun bagaimana jika Anda tidak mempunyai energi emosional untuk itu? Bagaimana jika Anda terlalu tenggelam dalam masalah Anda sendiri sehingga Anda tidak bisa memberikan dukungan yang berarti sebagai balasannya?

Ya, Anda tidak memiliki masalah itu dengan terapis. Anda membayar mereka untuk mendengarkan. Tidak ada hutang emosional di sana. Tidak ada harapan bahwa Anda akan memberikan dukungan emosional kepada konselor Anda.

Kurangi satu hal yang perlu Anda khawatirkan dalam hubungan Anda karena tidak memenuhi kontrak emosional yang tidak terucapkan adalah cara yang sangat baik untuk memutuskan hubungan itu.

Dan bukan itu yang diinginkan siapa pun.

Jika menurut Anda terapi mungkin berhasil untuk Anda, BetterHelp.com adalah situs web tempat Anda dapat terhubung dengan terapis melalui telepon, video, atau pesan instan.

Kesimpulannya

Jika Anda mengalami masalah dan tidak yakin ke mana harus berpaling, daftar ini akan mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Ingatlah bahwa terkadang sulit untuk mendapatkan dukungan yang berarti.

Anda mungkin tidak cocok dengan seorang konselor, teman Anda mungkin terbukti bukan pendengar yang baik, atau komunitas yang Anda datangi mungkin berakhir dengan sampah.

Tidak apa-apa. Ada jalan lain yang tersedia. Yang penting Anda mencobanya hingga menemukan yang berfungsi, sehingga Anda dapat mengakses dukungan saat Anda membutuhkannya.

***

Solo, Rabu, 27 Desember 2023. 9:10 am

Suko Waspodo

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image